Pendiri Kompas Gramedia, Jacob Oetama Meninggal Dunia
Beritapapua.id - Pendiri Kompas Gramedia, Jacob Oetama Meninggal Dunia - Jakpost

Pendiri Kompas Gramedia, Jacob Oetama Meninggal Dunia – Pendiri Kompas Gramedia, Jacob Oetama meninggal dunia pada usia 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Rabu (9/9/2020). Jacob meninggal karena mengalami gangguan multiorgan.

Dokter Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Felix Prabowo Salim, mengatakan, kondisi awal Jakob Oetama saat masuk rumah sakit sudah mengalami gangguan multiorgan.

Jacob pertama kali masuk ke rumah sakit pada 22 Agustus. Setelah menerima perawatan, kondisi Jacob sempat membaik, namun kembali memburuk beberapa saat kemudian, hingga jatuh koma pada hari Minggu (6/9).

“Selama perawatan sempat sebenarnya naik turun, di mana selama perawatan hampir lebih dari dua minggu sempat perbaikan dan terjadi penurunan, hanya pada saat-saat terakhir karena faktor usia dan kondisi semakin memburuk, akhirnya beliau meninggal,” ujar Felix.

Pihak rumah sakit juga sempat melakukan test swab pada Jacob, dan hasilnya negatif.

Jacob adalah sosok yang membesarkan nama Kompas Gramedia. Pria kelahiran Borobudur, Magelang pada 27 September 1931 ini mengawali karirnya sebagai guru, sebelum beralih menjadi wartawan. Saat menjadi wartawan, Jacob kemudian mendirikan Kompas Gramedia bersama dengan rekannya PK Ojong. Jacob kemudian berjibaku untuk membesarkan nama Kompas Gramedia yang kemudian menjelma menjadi salah satu jaringan media terbesar Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Berpotensi Jatuh Dalam Resesi

Pemakaman Jenazah Jacob Oetama

Direktur Corporate Communication Kompas Gramedia Rusdi Amral mengatakan bahwa jenazah Jacob akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta.

“Bapak akan disemayamkan di kantor, di gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan. Diberikan kesempatan untuk penghormatan terakhir untuk Bapak,” kata Rusdi.

Rencananya jenazah akan dimakamkan pada Kamis (10/9) di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

“Karena Bapak juga pemegang penghargaan Bintang Mahaputra, akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, besok siang,” ujar Rusdi Amral.

Presiden Indonesia, Joko Widodo juga turut menyampaikan ucapan duka cita atas wafatnya Jacob. Jokowi mengenang Jacob sebagai jurnalis sejati yang punya daya kritis yang tinggi. Meski begitu, Jacob tetap menyampaikan kritiknya dalam bahas yang halus dan santun.

Ucapan duka cita dari Jokowi lewat akun resmi twitternya, @jokowi.