Pengadilan Negeri Wamena Resmi Meluncurkan Aplikasi LAPAGO
Pengadilan Negeri Wamena Resmi Meluncurkan Aplikasi LAPAGO (foto : jubi)

Pengadilan Negeri (PN) Wamena meluncurkan aplikasi Lapago (Layanan Pengadilan Go Mobile). Langkah ini PN buat sebagai upaya mempermudah bagi masyarakat mencari keadilan khususnya di wilayah hukum PN Wamena.

Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Yajid, saat launching di Aula PN Wamena, Rabu (24/3/2021), mengatakan hal ini juga sebagai tindak lanjut dari pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang mewajibkan setiap pengadilan dapat membuat suatu inovasi.

“Hadirnya aplikasi Lapago ini adalah wujud komitmen nyata Pengadilan Negeri Wamena untuk terus mewujudkan pelayanan prima, akuntabel, dan transparan bagi seluruh masyarakat pencari keadilan maupun pengguna pengadilan di wilayah hukum Pengadilan Negeri Wamena,” katanya.

Aplikasi Lapago tersebut merupakan aplikasi dengan asisten virtual yang dapat mengaksesnya melalui aplikasi pesan elektronik Whatsapp. Cara penggunaannya adalah dengan cara menyimpan nomor layanan Lapago di nomor 082239024730 ke dalam daftar kontak gawai/gadget pengguna layanan pengadilan.

Jenis layanan yang tersedia dalam aplikasi asisten virtual Lapago ini layanan pada Meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Seperti layanan yang meliputi layanan pidana, perdata, hukum, umum, informasi, dan pengaduan.

Selain itu layanan seputar perkara yang termuat dalam aplikasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) seperti jadwal persidangan, informasi sisa panjar biaya perkara, dan lainnya.

Lapago Adalah Hasil Dari Permintaan Masyarakat

Hadirnya aplikasi Lapago ini sebenarnya karena tingginya animo dan tuntutan masyarakat akan hadirnya pengadilan atau lembaga peradilan yang mudah diakses. Akan tetapi tidak terdukung oleh kondisi geografis dan ekonomi sosial para pencari keadilan dan pengguna pengadilan di wilayah hukum PN Wamena.

Baca Juga : LIB Serius Mengkaji Kasus Serangan Rasisme Terhadap Patrich Wanggai

“Selain dapat mengakses melalui aplikasi Lapago, Pengadilan Negeri Wamena juga tetap menggunakan inovasi yang sifatnya manual. Oleh karena itu menggunakan kedua inovasi tersebut semakin memudahkan masyarakat khususnya di wilayah pegunungan tengah Papua ini dengan baik,” katanya.

Saifullah Anwar seorang hakim pengawas bidang bagian layanan yang juga koordinator PTSP PN Wamena, menjelaskan aplikasi Lapago dapat mengaksesnya hanya melalui pesan Whatsapp tidak perlu meng-installnya.

“Cukup dengan mengirimkan pesan Halo, selanjutnya akan muncul panduannya dan silakan ikuti sesuai perintah balasan dari Whatsapp Lapago tersebut. Jadi tidak ada yang perlu di-install,” kata Saifullah Anwar.

Ia menambahkan aplikasi Lapago baru bersifat informasi seputar PN Wamena. Setelah itu akan mengembangkannya, tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga produk.

“Ke depan, akan ada produk di aplikasi ini seperti seseorang ingin membuat surat keterangan bebas pidana, silakan lengkapi persyaratannya. Jika sudah sesuai maka softcopy-nya akan dikirimkan ke ponsel sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Pengadilan Negeri Wamena,” katanya.