Penjabat Sekda Kota Jayapura Sebut Tidak Ada Peningkatan Jumlah Pasien Covid-19
beritapapua.id - Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Robby Kepas Awi (kiri), bersama kolega. (Foto: Jubi)

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Robby Kepas Awi sebut dalam sepekan terakhir tidak ada penambahan pasien Covid-19 di Kota Jayapura.

Hal ini juga sesuai dengan Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura yang menunjukkan tidak ada penambahan pasien Covid-19.

Robby Kepas Awi sendiri sebut optimis pihaknya dapat melalui masa pandemi Covid-19 dan kembali ke zona hijau seperti sebelumnya.

“Tingkat kesembuhan memberikan optimisme tinggi dalam melewati masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya, semakin tingginya jumlah pasien Covid yang sembuh maka aktivitas masyarakat dan dunia usaha akan kembali normal. Dengan begitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Kota Jayapura akan sedikit lebih longgar.

“Masyarakat tidak lagi khawatir dalam beraktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena penyebaran Covid-19 [kembali] mulai berkurang,” ujarnya.

Aktifitas Terbatas

Ia menjelaskan bahwa kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam beraktifitas di masa pandemi Covid-19 masih terbatas. Karena masyarakat hanya dapat beraktifitas hingga pukul 10 malam, sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

“Berbeda saat awal pandemi hingga pertengahan 2020, kita bisa lihat ekonomi masyarakat terpuruk begitu juga dengan Pendapatan Asli Daerah [PAD] Kota Jayapura, banyak pedagang kaki lima yang tidak berjualan,” ujarnya.

Baca Juga: Sopir Trayek di Kota Jayapura Melakukan Aksi Mogok Tuntut Kenaikan Tarif

Ia menjelaskan bahwa tingginya tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di wilayah Kota Jayapura tersebut merupakan hasil dari kerjasama semua pihak seperti, Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura bersama TNI, Polri, instansi BUMN, BUMD, dan organisasi masyarakat terus berupaya menekan angka penyebarannya dengan memperkuat protokol kesehatan.

“Saya berharap kita terus satu hati melawan wabah virus ini, supaya benar-benar hilang dari Papua khususnya di Kota Jayapura, kehidupan kembali normal, aktivitas kita kembali seperti semula,” ujarnya.

Robby Awi berharap meski semakin tingginya tingkat kesembuhan dan semakin rendahnya paparan Covid-19, warga tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan memakai masker saat keluar rumah.

“Pemkot Jayapura terus mengajak masyarakat agar tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun atau selalu membawa hand sanitizer dan mengurangi aktivitas di luar rumah,” jelasnya.