Cara Menggunakan Sunscreen
Cara Menggunakan Sunscreen

Banyak orang beranggapan bahwa sunscreen hanya dipakai pada saat aktivitas diluar ruangan, padahal produk skincare yang satu ini juga dapat bermanfaat untuk aktivitas di dalam ruangan. Banyak orang yang masih mengabaikan untuk menggunakan sunscreen.

Padahal sunscreen sangat penting digunakan untuk menghalangi masuknya sinar matahari langsung ke kulit. Bayangkan jika kulit terkena sinar matahari langsung, besar kemungkinan kulit akan menjadi kusam bahkan akan muncul b anyak masalah kulit seperti kulit kusam hingga kanker kulit.

Sunscreen memang diciptakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV). Kebanyakan orang menjadikan sunscreen sebagai senjata utama sebelum pergi ke pantai atau jalan-jalan di tengah kota yang panas. Namun, walaupun berada di dalam ruangan sinar matahari masih dapat menembus objek padat seperti kaca. Oleh karena itu, sebagai masyarakat di negara tropis tidak boleh terlewat dalam peggunaan sunscreen meskipun berada di dalam ruangan.

Bahaya Tidak Memakai Sunscreen

Sinar matahari terdiri dari 2 jenis yaitu, sinar UVA dan UVB. Sinar UVA adalah sinar matahari yang menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit seperti, kerutan, flek hitam, sun spot, dan lain-lain. Sementara UVB adalah sinar matahari yang menyebabkan kulit terbakar, menggelap, bahkan yang lebih bahayanya lagi dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, untuk mencegah bahaya dari sinar Uv tersebut dengan menggunakan sunscreen pada setiap aktivitas baik diluar maupun didalam ruangan.

Penggunaan Sunscreen

Baca juga: 3 Bahaya Terlalu Banyak Makan Nasi

Waktu penggunaan sunscreen yang tepat adalah pada saat kita akan terpapar sinar matahari. Jika aktivitas diluar dilakukan setiap hari, maka penggunaan sunscreen dilakukan setiap hari. Walaupun dalam keadaan mendung, sinar UV tetap dapat menyentuh kulit.

Sunscreen yang digunakan harus mengandung SPF yang sesuai dan minimal mengandung SPF 30. SPF menunjukkan berapa lama kulit akan terlindung dari sinar matahari sebelum akhirnya terbakar.

Sebelum memilih SPF, pengguna disarankan harus tahu terlebih dahulu berapa lama mereka akan berada diluar ruangan. Semakin tinggi SPF, semakin lama pula jangka waktu produk tersebut untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Bagi yang aktif beraktivitas diluar ruangan, disarankan agar selalu re-apply sunscreen sehingga kulit akan tetap terjaga.

Cara Menggunakan Sunscreen Yang Benar:

Baca juga: Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan Wajah

  1. Sunscreen dipakai pada tahap akhir pemakaian skincare. Disarankan memakai sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah agar produk menyerap kedalam kulit. Namun, apabila hanya dirumah atau diruangan tertutup, sunscreen dapat digunakan kapanpun.
  2. Pakailah sunscreen diseluruh permukaan kulit yang akan terkena paparan sinar matahari dan tidak tertutup oleh pakaian.
  3. Sunscreen harus digunakan dalam jumlah banyak tergantung dengan bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian.
  4. Re-apply sunscreen setiap 2-3 jam sekali apabila terkena air.