Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Untuk Meraih Masa Depan
beritapapua.id - Ilustrasi kesehatan mental. (Foto: Pixabay)

Seberapa penting kesehatan mental (mental health) menurut kalian? Kesehatan mental kerap kali dinomorduakan jika dibandingkan dengan kesehatan fisik. Tidak banyak yang mengetahui bahwa kedua hal tersebut sama pentingnya dalam kehidupan kita. Untuk mengetahui seberapa penting kesehatan mental, yuk simak ulasannya!

Kesehatan mental dan kesehatan fisik saling bergantung dan mempengaruhi antara satu sama lain. Misalnya saja saat kalian sedang sakit flu, kalian tentunya akan merasa stres karena hidung tersumbat sehingga sulit untuk bernafas dari hidung. Perlahan rasa stres tersebut pun akan semakin menguras energi kalian.

Sebaliknya, jika kesehatan mental kalian sedang tidak baik-baik saja, kalian juga akan merasa ada yang salah dengan fisik kalian. Berulang kali merasakan ada sesuatu yang salah dalam tubuh, namun begitu memeriksakan diri ke dokter, tidak ditemukan penyebabnya. Mental health yang tidak baik juga dapat menimbulkan kegelisahan dan rasa tidak bahagia yang berkepanjangan.

Baca Juga: 6 Negara ini, Mulai Menganggap Covid-19 Seperti Flu Biasa

Kesehatan mental yang baik dapat berfungsi dalam lingkungan kalian, sehingga menciptakan lingkungan yang sehat dan baik pula. Menurut World Health Organization (WHO), terdapat empat kriteria yang menjadi pertanda terjaganya mental health, yakni:

  • Dapat mengatasi berbagai stres dan masalah kehidupan
  • Mampu bekerja secara produktif
  • Bisa menggali potensi diri
  • Berkontribusi terhadap masyarakat sekitar.

Pemerintah sendiri sudah mulai awas terhadap mental health masyarakatnya. Hal tersebut dibuktikan dari dikeuarkannya Layanan Konsultasi Sehat dan Jiwa, atau bisa disebut SEJIWA untuk membantu masyarakat yang mengalami tekanan di tengah pademi ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Dilansir dari website SehatQ, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mental health. Kalian bisa memulainya dengan belajar menghargai diri sendiri, menjaga kesehatan tubuh dengan menjalani gaya hidup sehat, menjaga hubungan dengan orang-orang baik, termasuk keluarga, melakukan hal baik untuk orang lain, belajar untuk mengatasi dan mengontrol rasa stres dalam pikiran, melakukan aktivitas yang menenangkan pikiran (meditasi atau yoga), hindari mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kalian harus memberanikan diri untuk meminta bantuan kepada orang terdekat, seperti misalnya keluarga atau sahabat. Kalian juga bisa berkonsultasi dengan para ahli dengan sertifikasi di bidang pisikologi.