Pentingnya Pendidikan Seks Sedari Kecil
beritapapua.id - Ilustrasi mendidik anak sejak dini. (Foto: Istimewa)

Tak sedikit orangtua yang masih ragu untuk mengajarkan pendidikan seks pada si kecil. Selain merasa tabu, orangtua terkadang merasa bingung untuk memilih cara yang tepat.

Padahal, pendidikan seks seharusnya dikenalkan sedini mungkin pada anak. Pendidikan seks perlu diberikan pada anak, agar mereka tidak mendapatkan informasi yang keliru mengenai pendidikan seks. Ingat, sudah seharusnya orangtua yang mengajarkan pendidikan seks pada anak, bukannya orang lain. Sebab, masalah ini sangat krusial dan sensitif.

Peran orangtua amat penting agar anak mendapatkan pendidikan seksual yang pas. Pendidikan seks yang sesuai takarannya sangat penting untuk menghindari gangguan psikologis. Sebab, anak yang terpapar visualisasi seks berlebihan akan terlalu memusatkan diri pada seks. Nah, kalau kondisi itu terjadi pada umur pubertas, orangtua perlu khawatir.

Baca Juga: Kurikulum Prototipe, Murid Bebas Pilih Mata Pelajaran di 2022

Tentunya hal tersebut menjadi tantangan yang tidak mudah bagi orangtua dalam memberikan pendidikan seksual yang sesuai kepada anak. Namun, orangtua harus mengingat bahwa hal yang mereka lakukan saat ini adalah merupakan bentuk perlindungan kepada anak dari kekerasan seksual dan membangun lingkungan yang aman terhadap anak.

Kenali Pendidikan Seksual Untuk Anak

Berikut ini merupakan pendidikan seksual yang dapat diajarkan orangtua kepada anak:

  1. Kenali tentang tubuh pribadi
    Orang tua wajib menjelaskan bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh oleh orang lain karena itu privasi. Jadi ketika ada yang menyentuh bagian yang tidak seharusnya disentuh oleh orang lain, maka si anak akan paham bahwa hal tersebut adalah salah.
  2. Perbedaan antara sentuhan yang baik dan buruk
    Tidak semua orang menyentuh itu bertujuan untuk hal yang baik, selain sentuhan orang tua ada juga orang yang melakukannya untuk tujuan yang tidak baik.
  3. Kerabat dekat dan orang yang dikenal juga dapat melakukan hal-hal buruk juga
    Namun tidak semua hubungan dekat dapat dipercaya. Pada dasarnya memang orang ingin berbuat tidak baik tidak akan mengenal dekat atau tidaknya sebuah hubungan.
  4. N.O.T Rules
    Ajarkan untuk berani mengatakan “tidak” ketika anak tidak nyaman terhadap situasi.
  5. Rahasia baik dan buruk
    Biasakan anak untuk bisa membedakan mana hal yang harus dirahasiakan dengan tujuan dengan hal baik atau buruk, misalnya kejutan ulang tahun hal yang baik, namun merahasiakan kejahatan org lain terhadap dirinya adalah hal yang tidak baik.