Penyebab, Gejala Serta Upaya Pencegahan Corona Virus
Penyebab, Gejala Serta Upaya Pencegahan Corona Virus

Corona virus akhir akhir ini menjadi pembicaraan berbagai pihak di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan virus tersebut dianggap sangat berbahaya untuk manusia. Virus ini baru terdeteksi pada bulan Desember 2019 dan berasal dari sebuah pasar laut di kota Wuhan, China.

Buletin Sains China menyebutkan bahwa sup kelelawar diduga sebagai pembawa virus corona yang menjadi perantara virus tersebut menular ke manusia. Sebagaimana yang diketahui, sup kelelawar menjadi salah satu makanan ekstrim yang terkenal di kota Wuhan, China.

Penyebaran virus ini terjadi dengan sangat cepat karena gejala yang ditimbulkan virus tersebut tidak langsung terlihat, melainkan setelah beberapa waktu korban terjangkit baru ketahuan. Hal ini juga yang membuat pencegahan menjadi lebih sulit, seperti yang disampaikan oleh menteri kesehatan China pada hari minggu.

Orang-orang dapat menyebarkan virus sebelum gejalanya muncul, yang akan membuatnya lebih sulit untuk dibendungucap menteri kesehatan China, sebagaimana dikutip dalam CNN Internasional. Senin (27/1/2020)

Menurut WHO, tanda tanda jika seseorang terjangkit virus ini antara lain infeksi pernapasan, demam, batuk, sesak napas, dan kesulitan bernapas. Dalam kasus yang lebih parah infeksi virus ini bisa menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal dan kematian.

Baca Juga: Netflix Diharamkan MUI?

Lalu bagaimana cara mencegah penyebaran virus tersebut?

Virus corona yang muncul saat ini belum memiliki vaksin khusus, oleh karena itu Pemerintah china mengambil langkah langkah untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Antara lain dengan mengisolasi kota Wuhan dan mencegah warganya untuk keluar dari kota tersebut atau mencegah warga dari luar yang ingin mengunjungi Wuhan.

“Pada dasarnya, jangan pergi ke Wuhan. Dan bagi mereka yang berada di Wuhan, tolong jangan meninggalkan kota itu,” kata wakil menteri Kesehatan Li Bin dalam acara pernyataan public sejak wabah itu muncul pertama kali, dikutip dari BBC.

Selain itu, cara lain untuk mencegah virus tersebut bisa dilakukan beberapa langkah di bawah ini :

  1. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang kotor.
  3. Hindari kontak dengan orang orang yang sedang sakit atau kurang sehat.
  4. Gunakan masker jika sedang berada di keramaian atau di luar lingkungan.
  5. Tutup mulut anda jika sedang bersin atau batuk.
  6. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari makan makanan dengan olahan tidak baik.
  7. Perbanyak minum air putih, dan
  8. Istirahat yang cukup.