Penyedia Tranasportasi Lakukan Pencegahan Penyebaran Virus Corona
beritapapua.id - Penyedia Tranasportasi Lakukan Pencegahan Penyebaran Virus Corona - Ratna Puspita

Covid-19 atau virus Corona semakin merebak sejak dinyatakannya 2 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi karena kontak langsung dengan Warga Negara Asing (WNA) asal Jepang membuat pemerintah melakukan beberapa upaya seperti meningkatkan kewaspadaan, memberikan edukasi atau informasi apa yang dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat merebaknya wabah virus tersebut.

Mudahnya penularan Covid-19 membuat beberapa transportasi umum melakukan tindakan untuk mencegah penularan tersebut seperti PT. Kereta Api Commuter Indonesia (KCI) Jabodetabek melakukan pembersihan kereta api secara rutin dengan cairan disinfektan.

  1. KCI juga mengimbau pengguna kereta untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan masker jika dalam keadaan tidak sehat. Selain itu PT. KCI juga melarang masyarakat untuk tidak meludah sembarangan yang akan berdampak pada penularan virus.

Posko kesehatan juga disediakan oleh PT. KCI di 30 stasiun bagi penumpang yang mempunyai keluhan kesehatan, dan apabila keluhan berat, Petugas akan mendampingi para penumpang ke rumah sakit terdekat. Selain itu PT. KCI juga membagi-bagikan masker gratis di beberapa stasiun.

Hal yang sama juga dilakukan oleh PT. Transportasi Jakarta (TransJakarta) yang menyediakan cairan pembersih tangan atau sanitizer untuk digunakan sebelum memasuki area halte layanan transportasi yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta yang tersedia di 80 halte.

Bus-bus TransJakarta juga dibersihkan dengan disemprot oleh cairan disinfektan sebelum mulai beroperasi. Penyemprotan juga dilakkukan secara berkala di tempat tap-in/out gate, kursi, dan pegangan tangan yang ada didalam bus.

  1. TransJakarta juga melakukan edukasi terkait Corona dilayar-layar tv disetiap haltenya, serta Transjakarta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan beberapa rumah sakit rujukan jika ada penumpang yang perlu penanganan medis.

Sementara itu PT. Mass Rapid Transit (MRT) mengeluarkan kebijakan serupa terkait upaya mendukung pencegahan penyebaran Virus Corona di Jakarta. Hal itu dilakukan untuk mengurangi potensi penyebaran di lingkungan kereta dan stasiun MRT.

  1. MRT juga sudah melakukan sosialisasi kewaspadaan Virus Corona melalui media sosial yang telah disebarkan melalui media sosial. PT. MRT juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta apabila ada penumpang yang sakit, serta sanitizer di ditempatkan di stasiun-stasiun MRT.

Baca Juga: Hak Privasi Bagi Pasien Virus Corona

Masyarakat juga dituntut untuk meningkatkan kebersihan

Dengan adanya upaya-upaya Pemerintah dengan Perusahaan-perusahaan penyedia sarana transportasi diharapkan agar penyebaran Virus Corona atau Covid-19 tidak meluas lebih jauh. Masyarakat juga harus mulai untuk membenahi diri dengan etika kebersihan seperti batuk dan bersin ditutup, tidak meludah sembarangan, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar mengurangi dampak penyebaran bakteri maupun virus.