Penyelamatan Satwa Papua oleh BKSDA
beritapapua.id - Penyelamatan Satwa Papua oleh BKSDA - kabaralam.com

Penyelamatan Satwa Papua oleh BKSDA – Papua adalah rumah bagi lebih dari sepertiga hutan utuh di Indonesia. Mendaulat Papua sebagai ‘surga kecil’, suatu negeri terindah di dunia bukanlah hal yang berlebihan. Alam daratnya yang kaya, mulai dari kekayaan di dalam perut bumi seperti emas, minyak dan gas, biji besi hingga uranium. Sampai kekayaan di atas daratan seperti hutan belantara dengan spesies flora yang teramat banyak, dimana dapat disandingkan dengan Hutan Amazon di Amerika Selatan.

Baca Juga: Sejarah Papua Dari Masa Ke Masa

Peranan Balai Konservasi Sumber Daya Alam dalam Penyelamatan Satwa Papua

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (disingkat Balai KSDA atau BKSDA) adalah unit pelaksana teknis di bawah Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Instansi ini di antaranya bertugas untuk mengelola kawasan-kawasan konservasi, khususnya hutan-hutan suaka alam (suaka margasatwa, cagar alam) dan taman wisata alam.

Salah satu kawasan yang memiliki Balai ini adalah Papua. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Papua bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) TNI Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG mengamankan satwa liar dilindungi.

Tahun lalu, Kepala BBKSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut, M.Si, menginformasikan sinergitas antara BBKSDA Papua dengan Satgas TNI Pamtas RI -PNG Sektor Utara. Mereka berhasil mengamankan satwa liar jenis burung dilindungi sebanyak 3 ekor yakni 1 ekor Kakatua Raja (Probosciger aterrimus), 1 ekor Kakatua Jambul Kuning (Cacatua galerita) dan 1 ekor Bayan Hijau (Eclectus rotatus).

Satwa tersebut merupakan hasil pengamanan petugas Satgas Pamtas dari oknum pemburu/penangkap satwa diwilayah perbatasan. Saat ini, kata Sembiring, satwa tersebut telah diamankan di kandang transit BBKSDA Papua di Buper Waena. Pengembangan terhadap pelaku pemburu satwa masih didalami bersama dengan Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK).

Menurut Edward Sembiring, implementasi sinergitas kolaboratif antara BBKSDA Papua dengan Satgas TNI Pamtas RI -PNG Sektor Utara telah berjalan dengan baik sesuai dengan semangat konservasi. Wilayah hutan Papua merupakan salah satu wilayah yang memiliki keragaman dan biodiversitas yang sangat tinggi.