Penyelenggaraan Festival Reggae Yang Bertepatan dengan PON Papua
beritapapua.id - Penyelenggaraan Festival Reggae Yang Bertepatan dengan PON Papua - jubi.co.id

Reggae Festival (PRF) ke-7 akan digelar pada tanggal 21-23 September 2020 dengan keikutsertaan 37 peserta band. Ajang ini diadakan guna mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX tahun 2020 di Tanah Papua.

Disampaikan oleh koordinator Komunitas Rasta Kribo, Thedy Pekei, bahwa para musisi Papua siap mendukung dan mensukseskan PON 2020 dengan terlibat dalam festival ini. Mereka menyatakan siap mendukung PON sebagai salah satu agenda nasional dengan menampilkan talenta yang dimiliki oleh anak-anak asli Papua, tanpa harus mendatangkan musisi maupun seniman dari luar. Ini juga merupakan sebuah ajang dan wadah bagi anak-anak Papua untuk berkreasi dan menunjukkan bakat serta kemampuan yang mereka miliki.

Baca Juga: Intensitas Hujan Lebat Makin Tinggi Dari Jawa Hingga Maluku

Festival Reggae sebagai Event Tahunan

Event tersebut sebelumnya sudah pernah digelar dan merupakan event tahunan, serta tahun ini merupakan tahun ketujuh untuk menyelenggarakan festival tersebut. Hal tersebut juga bertepatan dengan penyelenggaraan PON, dan Papua sebagai tuan rumah. Sebanyak 37 grup band telah terdaftar dalam kepanitiaan PRF ke-7. Grup band ini berasal dari Papua dan juga Papua Barat. Namun festival ini sedang membutuhkan sponsor dari berbagai kalangan, termasuk dari pemerintah daerah untuk bisa ikut membantu penyelenggaraan festival ini.

Mereka masih terus melakukan audiensi dengan pihak-pihak terkait untuk mendapatkan dukungan. Termasuk dari bapak Walikota Jayapura, pemerintah kabupaten serta sekda.  Ia mengatakan bahwa beliau siap mendukung.

Pada pembukaan PRF, Walikota dan Bupati jayapura akan menyampaikan sambutan, mengingat pembukaan PON ini akan dilaksanakan di Jayapura. Sembari melakukan hal tersebut, ia juga akan terus melakukan pendekatan kepada bupati dan kepala daerah lainnya di Tanah Papua.

Untuk mendukung kegiatan festival tersebut, pihaknya juga akan melakukan kegiatan pra-festival di kabupaten Jayapura.

Bagi para peserta sendiri, ini meupakan sebuah kesempatan yang baik apalagi akan bersamaan dengan PON. Mereka berharap dua kegiatan penting ini akan sukses dan mendapat dukungan penuh dari Tanah Papua.

Kesempatan ini juga dirasakan sebagai sebuah tantangan untuk bisa tampil dengan menunjukkan karya dan kreatifitas masing-masing peserta yang telah mendaftar dalam acara tersebut.