Instalasi Instrumentasi
Beritapapua.id - Peranan Penting Instalasi Instrumentasi Dalam Industri Migas

Migas memiliki peranan penting instalasi instrumentasi bagi peningkatan kegiatan ekonomi dan ketahanan energi nasional. Sehingga perlu untuk menjamin keamanan dan keselamatan operasi guna mewujudkan kegiatan usaha minyak dan gas bumi yang efektif, efisien, handal serta aman.

Untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kehandalan operasi migas, perlu dilaksanakan pemeriksaan keselamatan terhadap setiap instalasi dan peralatan pada kegiatan usaha migas.

Berdasarkan dua pertimbangan tersebut, Menteri ESDM menetapkan Peraturan Menteri Nomer 38 Tahun 2017. Peraturan tersebut tentang Pemeriksaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Pada Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi. Ruang lingkup dalam Permen ini meliputi penelaahan desain, inspeksi dan pemeriksaan keselamatan, analisis risiko, perpanjangan sisa umur layan dan sanksi.

Baca juga: Pesona Air Terjun Kiti Kiti Kabupaten Fakfak

Untuk penjaminan terhadap desain Instalasi, setiap instalasi yang digunakan dalam Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi wajib dilakukan penelaahan desain. Berdasarkan penelaahan desain terhadap instalasi tersebut, Dirjen Migas menerbitkan Persetujuan Desain. Pemeriksaan keselamatan terhadap instalasi atau peralatan yang telah beroperasi dapat dilakukan berkala berdasarkan jangka waktu tertentu dan hasil analisis resiko. Pemeriksaan keselamatan untuk instalasi dan peralatan yang akan dipasang atau dibangun selanjutnya dilakukan di tempat pembuatan.

Migas
Petrotekno School

Dalam hal ini sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi. Semua itu telah teruji dan terstandarisasi oleh badan atau pihak yang berwenang. Salah satu program Apprenticeships yang disediakan oleh Petrotekno adalah Instalasi Instrumentasi. Untuk memenuhi kewajiban dan tanggung jawab setiap perusahaan yang terlibat dalam industri migas agar wajib menyediakan tenaga ahli dalam posisi tersebut. Mengingat izin dan tahapan proses yang dilalui sangat mendetail dan cukup rumit untuk menjalankan suatu usaha atau industri, khusus nya sektor minyak dan gas.