Perbakin Papua Barat Kirim Tiga Atlet Potensial Untuk Berlaga di PON XX
beritapapua.id - ilustrasi sejumlah atlet uji coba lari di lintasan lari Stadium Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura. (foto: antara)

Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Papua Barat mengirim tiga atlet potensial putra-putri ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Manajer tim menembak Papua Barat Hendra Kutubun di Manokwari, mengatakan satu atlet turun pada nomor menembak kreasi. Dan untuk dua atlet putra-putri akan turun dalam nomor menembak air rifle 10 meter.

Hendra sangat optimis dengan tiga atlet yang tim Papua Barat turunkan di PON nanti. Pasalnya atlet-atlet tersebut telah mempunyai hasil baik saat menjalani Pra PON.

“Tiga atlet menembak Papua Barat punya rekam jejak prestasi menjanjikan dengan torehan medali di Pra PON maupun sejumlah kejuaraan menembak di tanah air,” ujarnya.

Ia mengatakan saat ini satu atlet menembak kreasi putra sedang mengasah kemampuan di lapangan tembak Polda Papua Bara. Sedangkan untuk dua atlet air rifle sedangan melakukan pemusatan latihan di Jakarta.

Pada perhelatan PON XX, tim Papua Barat akan turun di arena 6 pada Oktober 2021 yang akan terpusat di Jayapura. Dengan adanya hasil tersebut, menurutnya tim Papua Barat masih bisa melakukan penyesuaian terlebih dahulu.

Target Meraih Medali di PON XX

Menurutnya dengan kesiapan yang matang, tim Papua Barat bakal menarget untuk bisa meraih medali di PON XX.

“Dengan kesiapan matang tiga atlet Papua Barat, kami pun sudah menarget torehan medali di PON XX,” ujarnya.

Baca Juga: 316 Unit Bus Operasional PON XX dan Peparnas XVI Tiba di Jayapura

Ia menjelaskan terjadi sedikit keterlambatan sarana dan prasarana latihan tiga atletnya karena pengurusan perizinan senjata oleh KONI Papua Barat. Namun kondisi tersebut tidak membuat tiga atlet itu untuk mengurungkan semangat latihan.

“Pengurusan izin senjata sempat terkendala karena situasi pembatasan akibat pandemi COVID-19. Namun hari ini Perbakin sudah menerima sarana latihan dari biro sarpras KONI Papua Barat,” ujarnya.

Selanjutnya komisi pembinaan prestasi KONI Papua Barat Lodwick Akwan mengatakan bahwa tiga atlet menembak Papua Barat di PON XX Papua adalah kebanggaan, mengingat pertama kali untuk Papua Barat.

“Dari sisi prestasi, tiga atlet menembak Papua Barat ini tak diragukan lagi, tapi kami juga bangga karena ini pertama kali Papua Barat turunkan atlet menembak di PON,” kata Akwan.