Percikan Api Sebabkan Kebakaran KM Fajar Baru 8 di Pelabuhan Sorong
Percikan Api Sebabkan Kebakaran KM Fajar Baru 8 di Pelabuhan Sorong

Kapal Motor (KM) Fajar Baru 8 alami kebakaran saat sandar di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong pukul 18.00 WIT, minggu (7/3/2021). KM Fajar Baru 8 dengan rute perjalanan dari Waisai-Sorong baru saja tiba di Dermaga Pelabuhan Rakyat kota Sorong, Papua Barat.

Kejadian tersebut tepatnya terjadi pada Minggu (7/3/2021) sekitar pukul 17.25 WIT. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Kapal dari Waisai dengan tujuan Pelabuhan Rakyat, Kota Sorong tersebut dinakhodai Petrus Bukarakombang, dengan membawa 138 penumpang dan 11 ABK.

Salah Satu Warga di Tempat Kejadian (TKP) Elly Kaiwai menyebut peristiwa bermula saat Kapal Bongkar Penumpang di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong.

“Kapal baru tiba saja dari Waisai Raja Ampat di Pelabuhan Kota Sorong sekitar Pukul 18.00 WIT. Sebagian besar penumpang kapal sudah turun, kemudiaan terjadi percikan Api yang menyebabkan kebakaran di Kapal,” ungkapnya.

Sumber menyebut, sebagian penumpang dan anak buah alami luka bakar akibat percikan api yang tersumbur keluar dari dalam Kapa Motor (KM) Fajar Baru 8.

“Mereka berupaya keluar dari Kapal. Karena api menjalar begitu cepat sehingga beberapa orang alami luka akibat percikan api yang tersumbur dari dalam kapal,” ungkapnya.

Elly mengatakan tidak mengetahui secara pasti berapa korban luka bakar dari insiden tersebut.

“Tidak ada korban Jiwa, hanya beberapa orang yang alami luka bakar akibat percikan Api. sampai saat ini belum mengetahui jumlah korban dan identitas korban,”jelasnya.

Baca Juga : Pokja Perempuan Bersuara, Venue Dayung Merusak Mata Pencaharian

Elly juga mengungkap beberapa Kapal telah menyeret Kapal Fajar Baru 8 keluar dari pelabuhan agar api tidak menjalar ke Kapal lainnya.

Beberapa Kapal di pelabuhan telah menyeret Kapal Fajar Baru 8 jauh dari Pelabuhan agar apinya tidak menyebar ke beberapa Kapal lainnya.

Penyebab Kebakaran KM Fajar Baru 8 Adalah Putung Rokok

Jece Julita Piris, Kepala KSOP Sorong menyampaikan bahwa untuk penyebab kebaran tersebut berasal dari putung rokok.

“Penyebab kebakaran itu untuk sementara adalah akibat sembarang membuang puntung rokok di dek dua bagian belakang dari penumpang,” kata Kepala KSOP Sorong, Jece Julita Piris, Minggu (7/3/2021).

Pihak KSOP Sorong hingga saat ini masih belum mendapatkan informasi terkait kerugian dari peristiwa terbakarnya kapal tersebut. Salah satu barang penting yang sempat diselamatkan adalah jurbal kapal. Sayang ijazah milik ABK tidak ada yang terselamatkan.

“Langkah selanjutnya pihak KSOP Kelas I Sorong masih melakukan pemeriksaan awal terhadap ABK,” katanya.