Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan di Tengah Pandemi
beritapapua.id - Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan di Tengah Pandemi - Medcom.id

Hari peringatan kemerdekaan 75 tahun pada tahun ini terasa berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari pandemi yang melanda Indonesia.

Dari Istana Merdeka, Jakarta, upacara peringatan detik-detik proklami berjalan dengan segala keterbatasan, meski tetap dijalankan secara khidmat.

Untuk upacara tahun ini, masyarakat tidak diundang untuk turut serta secara langsung. Namun pemerintah tetap mengundang masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual.

Pemerintah menyediakan 17.858 kuota untuk menghadiri upacara peringatan kemerdekaan ke 75 secara virtual. Bagi yang tidak mendapatkan kuota, masyarakat dapat menyaksikan upacara lewat media streaming Youtube, ataupun lewat TV Nasional.

Pemerintah pun turut menghimbau masyarakat untuk mengambil sikap sempurna dan hormat ke bendera merah putih dari kediaman masing-masing pada pukul 10.17 WIB.

Upacara di Istana sendiri hanya dihadiri secara fisik oleh enam pejabat selain Presiden Jokowi. Berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang pedoman peringatan HUT ke-75 RI, Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Ketua MPR, Bambang Soesatyo sebagai pembaca teks proklamasi, Menteri Agama, Fachrul Razi sebagai pembaca doa, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahtanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Adapun para menteri dan pimpinan lembaga negara lainnya diwajibkan untuk mengikuti upacara pengibaran dan penurunan bendera secara virtual.

Untuk petugas pelaksana upacara juga turut dibatasi. Petugas yang hadir di Istana hanya terdiri dari satu komandan upacara, tiga orang pasukan pengibar bendera pusaka, 20 orang pasukan upacara dari TNI dan Polri, 24 orang korps musik, 2 orang musik, serta 17 anggota TNI yang bertugas sebagai pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat upacara detik proklamasi.

Baca Juga: Virus Corona Ditemukan di Barang Impor

Acara Hiburan Secara Virtual

Peringatan kemerdekaan tahun ini juga turut menghadirkan acara hiburan secara virtual. Acara dimulai dengan penampilan Tiara Andini yang membawakan lagu daerah Kampuang Nan Jauh di Mato. Kemudian dilanjutkan oleh Nowela yang membawakan lagu Jali-jali, yang diiringi sejumlah tarian tradisional.

Penampilan dilanjutkan oleh Raisa Andriana yang membawakan lagu Indonesia Pusaka berlatar video perjuangan petugas medis melawan covid-19.

Gita Bahana Nusantara juga turut meramaikan dengan penampilan paduan suara dan orchestra untuk lagu Merah Putih yang dinyanyikan oleh penyanyi Lyodra.