Perpanjang Landasan Pacu Bandara, Pemkab Manokwari Bersihkan Lahan
beritapapua.id - Pemkab Manokwari, Hermus Indou. (foto: istimewa)

Pemkab Manokwari mulai membersihkan lahan untuk perpanjangan landasan pacu (runway) dan perluasan area Bandara Rendani, Jumat (03/12/2021). Pembersihan lahan dan pembongkaran bangunan tersebut terlaksana setelah proses ganti rugi sudah selesai.

Bupati Manokwari, Hermus Indou mengharapkan bahwa pembersihan lahan bisa selesai dalam bulan ini atau di awal bulan depan. Dengan begitu Kementerian Perhubungan bisa segera mempercepat runway bandara.

“Hari ini menjadi hari di mana Pemkab Manokwari berkomitmen untuk melaksanakan pembersihan terhadap lahan untuk perluasan areal Bandara Rendani Manokwari. Kita berharap perluasan dan pembersihan lahan ini akan selesai akhir bulan ini dan bulan depan, sehingga kegiatan percepatan untuk perluasan perpanjangan runway Bandara Rendani akan segera dilakukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan,” katanya.

Terkait dengan sejumlah objek yang masih dalam sengketa, ia mengatakan bahwa uangnya saat ini sudah ada di Pengadilan Negeri Manokwari.

Dukungan Dari Warga

Dia berharap warga menjadi warga negara yang baik dan mendukung proses pembangunan tersebut.

“Kita berharap mereka sebagai warga negara yang baik mendukung proses pembangunan yang ada, di samping pemerintah juga melindungi hak-hak mereka. Jadi pemerintah akan memberikan yang terbaik juga kepada mereka tapi kita tunggu nanti setelah putusan Pengadilan Negeri Manokwari,” tegasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa rumah warga yang terdampak dari pembongkaran tersebut akan mendapatkan ganti rugi dari Pemkab Manokwari. Namun sebelumnya pihaknya akan melakukan pendataan terlebih dahulu. Dan ia berharap proses tersebut bisa terlesaikan dengan cepat.

Baca Juga: Pemkab Puncak Beri Perlindungan Kesehatan 12 Ribu Penduduknya

“Kita berikan kesempatan kepada staf kami untuk mengerjakan sesuai dengan kemampuan dan waktu yang teralokasi, berapa rumah yang hari ini diselesaikan. Tapi yang jelas kita berharap secepatnya harus selesai. Semua yang sudah diganti rugi harus secepatnya dibersihkan,” imbuhnya.

Hermus juga menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan akan melakukan kegiatan perpanjangan runway dan pembangunan lain yang berhubungan dengan perluasan areal bandara jika proses pembersihan sudah selesai sepenuhnya.

“Jadi kita beri kesempatan sepenuhnya kepada Kementerian Perhubungan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan yang berhubungan dengan perluasan bandaran ini,” tukasnya.