Persipura Jayapura Akan Menjadi Tuan Rumah Play OFF AFC
Latihan Persipura Jayapura (foto : jubi.co.id)

Persipura akan menjadi tuan rumah babak play off Piala AFC, yang akan berlaga pada 19 Mei mendatang. Peluang besar untuk lolos ke fase grup kian terbuka lebar.

Kabar baik menghampiri klub Mutiara Hitam Persipura Jayapura. Federasi sepakbola Asia, Asian Football Confederation (AFC) telah menetapkan Persipura sebagai tuan rumah untuk menggelar babak play off Piala AFC.

Persipura akan melakoni laga babak play off dari pemenang babak pre eliminary antara Lalenok United (Timor Leste) kontra Visakha (Kamboja).

Manajer Persipura, Arvydas Ridwan Madubun yang mempunyai panggilan Bento mengungkapkan, AFC telah memutuskan bahwa Persipura akan menjadi tuan rumah babak play off. Dan stadion yang akan Persipura Jayapura gunakan adalah Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Indonesia. Hanya saja, laga tersebut nantinya berlaga tanpa penonton sesuai aturan pencegahan Covid-19.

Manajer Persipura : Kita Akan Bermain di Stadion Mandala

“Kita sudah berkomunikasi dengan AFC dan sudah ada perubahan dari AFC. Mereka sudah menetapkan, kita akan bermain di Stadion Mandala pada 19 Mei nanti. Dan juga sudah diputuskan tanpa penonton, kick off akan digelar pada Pukul 15.30 WIT,” ujar Bento baru-baru ini.

Dengan demikian, Bento mewakili manajemen Persipura menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe dan KONI Papua yang telah memberikan izin untuk Persipura bermarkas di Stadion Mandala.

Baca Juga : Pemkab Wondama Gratiskan Pemeriksaan Antigen Bagi Pelaku Pejalanan

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Papua, yang terhormat Bapak Gubernur Lukas Enembe, kemudian pimpinan di KONI Papua, dan Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Pemuda dan Olahraga. Karena kami mendapat informasi, kami telah diizinkan untuk menggunakan Stadion Mandala. Kami juga telah bersurat untuk menggunakan Stadion Mandala sebagai tempat latihan. Sekali lagi, kami menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi atas izin yang diberikan ini,” kata Bento.

Manajemen Persipura sendiri tak punya pilihan lain selain memutuskan untuk kembali bermarkas di Stadion Mandala. Dalam hal ini untuk menggelar pertandingan Piala AFC dan kompetisi Liga 1 2021.

Stadion Mandala Adalah Stadion Yang Telah Terverifikasi

Stadion Mandala merupakan stadion yang sudah memenuhi standar dan telah terverifikasi oleh AFC. Persipura dan Stadion Mandala sendiri memang sudah tak asing di kancah sepakbola Asia. Mereka pernah menjadi tuan rumah pada Piala AFC 2011, 2014 dan 2015.

“Kita memang agak sulit, bahkan tidak memungkinkan kita untuk menggunakan stadion lain, dan itu persoalan, karena stadion mandala yang sudah terverifikasi. Kemarin waktu pendaftaran kan waktu kita mepet sekali. Begitu jatuh tempo kita harus menyiapkan segalanya dalam waktu 1×24 jam, dan dokumen yang kita punya adalah stadion mandala karena sudah pernah diverifikasi, pencahayaannya juga sudah memenuhi persyaratan. Jadi kalau untuk pindah lagi hampir mustahil kita lakukan. Itu alasan kita berharap bisa bermarkas di Mandala, latihan dan kompetisi,” bebernya.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua pun telah menyetujui penggunaan Stadion Mandala oleh Persipura untuk menggelar laga Piala AFC dan kompetisi Liga 1 2021.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) KONI Papua, Benny Yensenem mengatakan, pihaknya sudah menjawab surat yang manajemen Persipura ajukan untuk menggunakan Stadion Mandala.