Persipura Jayapura Resmi Degradasi ke Liga 2, Setelah 28 Tahun Bersaing di Liga 1
beritapapua.id - Skuad Persipura Jayapur. (Foto: Instagram/@persipurapapua1963)

Jawara terbaik Liga Indonesia, Persipura Jayapura harus rela degradasi dari BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Meski pada laga terakhir Persipura Jayapura meraih kemenangan 3-0 atas Persita Tangerang, Kamis (31/3/22) tetap tak mampu menyelamatkan mereka dari jerat degradasi di BRI Liga 1 2021.

Tambahan tiga poin tersebut, tidak cukup untuk mendongkrak posisi mereka dari peringkat 16. Pasalnya, Barito Putera yang bercokol di posisi ke-15 sukses menambah satu poin setelah bermain imbang melawan Persib Bandung 1-1.

Sementara PSS Sleman mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0. Hasil tersebut membuat Persipura tetap bertahan di peringkat 16 di bawah PSS dan Barito Putera.

Juru taktik Persipura, Angel Alfredo Vera yang merasa gagal membawa timnya bertahan di Liga 1 Indonesia hanya bisa menangis sedih di ruang konferensi pers usai pertandingan menghadapi Persita. Sambil mencucurkan air mata, Alfredo Vera mengatakan kalau tak ada lagi yang banyak ia komentari.

Menurutnya, timnya sudah berjuang mati-matian, tapi hasil harus berakhir dengan kekecewaan.

“Hari ini kita sudah menyelesaikan pertandingan dan bisa menang. Saya sudah tidak bisa bicara lagi, itu cuma bisa jadi panjang kalau bicara alasan, tapi dari yang kita bisa cerita itu covid yang sempat meningkat,” ungkap Vera.

“Kita sudah berjuang dan lakukan apa yang sudah harus kita lakukan tapi itu tidak cukup menyelamatkan kita. Itu (degradasi) sudah terjadi walaupun mau bicara tapi kita tidak tahu apakah bisa kembali atau tidak. Saya tidak bisa bicara, tim ini sudah luar biasa,” ujar Vera.

Pertama Kali Turun Kasta Sejak 28 Tahun Terakhir

Turunnya Persipura ke kasta kedua Liga Indonesia ini, merupakan pertama kali sejak era profesional Liga Indonesia dimulai musim 1994-1995. Selama 28 tahun era profesional, Persipura belum pernah turun kasta sama sekali.

Baca Juga: Pemkot Jayapura Mengajukan Dana Rp45 Miliar Untuk Penanganan Banjir dan Longsor

Selama berkiprah di liga tertinggi Indonesia Persipura masih menjadi tim terbanyak dalam peraih gelar juara. Sebanyak empat trofi Liga Indonesia yang diraih pada musim 2005, 2008-2009, 2010-2011, dan 2013 sudah mereka dapatkan.

Selain itu, Tim berjuluk Mutiara Hitam ini cukup disengani di level Asia Tenggara maupun Asia. Sebanyak tiga kali Persipura tampil di Piala AFC, yaitu pada musim 2009-2010, 2013, dan 2019.