Persipura Jayapura Tolak Regulasi Baru Tanpa Degradasi
Persipura Jayapura (foto : twitter @liga1match)

Persipura Jayapura Tolak Regulasi Baru Tanpa Degradasi – Beberapa hari lalu tengah ramai beredar, kompetisi Liga 1 2021 akan menerapkan regulasi baru. Dalam regulasi baru ini tersebut adalah adanya kompetisi tanpa degradasi mempertimbangkan pada finansial sejumlah tim di masa pandemi Covid-19.

Manajemen Persipura Jayapura menolak keras wacana kompetisi Liga 1 2021 akan menerapkan regulasi tanpa degradasi. Mereka khawatir akan berpotensi menimbulkan match fixing. Selain itu pihak Persipura menilai hal tersebut tak sesuai dengan regulasi yang ada.

Manajemen Persipura mengkhawatirkan jika saja wacana tersebut memang akan terjadi, justru akan menimbulkan tindakan tak sportif. Hal ini akan membuat potensi terjadinya match fixing atau pengaturan skor.

Manajer Persipura, Aryvdas Ridwan mengkonfirmasi hal tersebut atas ketidaksetujuan Persipura terhadap regulasi baru itu.

Persipura Tidak Setuju : Mengabaikan Nilai Sporting Merit

Arvydas Ridwan yang biasa mendapatkan panggilan Bento ini mengatakan, Persipura tidak setuju dengan kompetisi tanpa degradasi. Ia menambahkan hal ini karena regulasi tersebut sudah mengabaikan nilai sporting merit.

Bento juga menjelaskan, tim kebanggaan masyarakat Papua itu sempat dibujuk untuk ikut menyuarakan wacana kompetisi tanpa degradasi. Tapi pihaknya tak mau dan menolak keras wacana tersebut.

“Minggu lalu Persipura diajak juga untuk suarakan kompetisi tanpa degradasi, tapi saya tolak, kita mau sesuai aturan saja, katanya lagi susah karena (pandemi) Covid-19, yah kenapa tidak bikin turnamen panjang saja, supaya tidak merusak marwah kompetisi,” pungkasnya.

Baca Juga : KKB Menguasai Medan di Papua Polri Akui Kesulitan

Sementara itu, pelatih Persipura, Jacksen Tiago, juga mengakui sudah membahas perihal tersebut bersama manajemen. Bahkan, kata Jacksen, dia adalah orang pertama yang selalu bereaksi menyikapi kabar-kabar baru tentang regulasi kompetisi.

“Justru sebelum manajemen sampaikan kepada saya, semua saya sudah sampaikan itu kepada manajemen dan seluruh pemain, dan sebelum persoalan itu terjadi saya sudah mengantisipasi itu,” kata Jacksen.

Namun hal yang patut jadi pertanyaan adalah, wacana regulasi baru tanpa degradasi itu tetap memberlakukan dua tim promosi dari Liga 2.

Saat ini, skuad Persipura tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jawa Timur. Tim kebanggaan masyarakat Papua ini akan berada di sana hingga selepas hari raya Idulfitri untuk mematangkan persiapan menuju babak fase grup H Piala AFC di Singapura, pertengahan Juni mendatang.