Persipura Optimis Lolos Dari Zona Degradasi dan Bertahan di Liga 1
beritapapua.id - Suasana pertandingan Persipura menghadapi PSIS. (Foto: Istimewa)

Persipura Jayapura bakal melakoni laga kontra PSIS Semarang pada gionarta ke 33 BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (24/3/2022) pukul 18.15 WIB.

Bagi Tim Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura lolos atau degradasi ke Liga 2 musim depan bukan hanya mengacu, saat kontra PSIS Semarang. Tapi laga lainnya juga menjadi penentu lolosnya Persipura dari zona degrasi.

Pertandingan yang dapat mempengaruhi posisi Persipura di klasemen adalah Barito Putera kontra Persita Tangerang di Stadion Kompyang Sujana pukul 15.15 WIB. Serta pertandingan PSS Sleman kontra Persela Lamongan di Stadion I Wayan Dipta pukul 16.00 WIB.

Tim Mutiara Hitam kini berada di urutan 16 klesemen dengan koleksi 30 poin hasil dari 32 kali main. PSS Sleman di urutan 14 klesemen dengan koleksi 33 poin dari hasil 32 kali main. Sementara Barito Putera di urutan 15 klesemen dengan koleksi 32 poin hasil dari 32 kali main.

Bagi Persipura, PSS Sleman dan Barito Putera inilah laga penentuan untuk lolos atau degradasi ke Liga 2. Jika Persipura menang kontra PSIS Semarang, maka posisi Barito Putera dan PSS Sleman akan terancam di zona merah.

Sebaliknya, jika PSS Sleman menang atas Persela, maka Persipura akan menyusul Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Ferdinando Pahabol Cs jelang kontra Tim Mahesa Jenar PSIS, memiliki modal lebih. Pasalnya, Tim Mutiara Hitam menunjukan trend positif di lima laga terakhir, yakni menang atas Borneo FC, Bhayangkara FC dan PSS Sleman. Berikut dua laga lainnya berakhir draw, saat kontra Persikabo 1973 dan PSM Makassar.

Persipura Tak Pernah Kalah Kontra PSIS

Apalagi data statistik membuktikan, Persipura tak pernah kalah dari PSIS, setidaknya dari lima kali pertemuan di BRI Liga 1.

Arsitek Persipura Angel Alfredo Vera menyatakan timnya optimis bakal mengambil tiga poin dari PSIS Semarang dan lolos dari zona degradasi.

Baca Juga: Pemkot Jayapura Optimis Saat Ramadhan Nol Kasus Covid-19

“Pemain punya motivasi sendiri, karena pertama tim Persipura kebanggaan Papua, kedua trend positif yang masih bisa kita bawa,” ujar pria berpaspor Argentina ini.

Sementara Yustinus Pae yakin timnya mengamankan tiga poin di laga sisa dengan kemenangan.

“Kami focus di dua laga sisa. Tidak usah pikir tim lain, yang penting kita menang dulu, amankan tiga poin dulu. Nanti klesemen akhir kita lihat hasilnya, yang penting kita harus menang, tidak ada cerita mau draw atau kalah,” ujarnya.