Persipura Resmi Akhiri Kerjasama Dengan Jacksen Tiago
beritapapua.id - Jacksen F Tiago. (foto: skor.id)

Manajemen Persipura Jayapura akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan pelatih asal Brasil, Jacksen Tiago. Keputusan ini terjadi lantaran Persipura Jayapura kerap menampilkan permainan buruk di kompetisi BRI Liga 1 2021.

Dalam 12 laga, Persipura hanya mampu meraih satu kali kemenangan, dua kali imbang dan sembilan kekalahan. Bahkan parahnya, Persipura harus menelan enam kekalahan secara beruntun setelah takluk dari Borneo FC dengan skor tipis 1-0, Kamis (18/11/21) malam di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Dengan hasil buruk terus Persipura alami membuat tim Mutiara Hitam tersebut berada di dasar klasemen dengan mengumpulkan lima poin.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mano mengunggapkan bahwa manajemen dan Jacksen Tiago akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kerjasama secara baik-baik.

Namun ia juga mengatakan bahwa Jacksen Tiago masih berkemungkinan suatu bisa kembali untuk melatih Persipura Jayapura. Hal ini karena memang Jacksen Tiago dan Persipura memiliki hubungan yang begitu dekat.

“Tidak menutup kemungkinan suatu saat kita bisa bertemu dan bekerjasama lagi. Berikut juga dengan coach Breno Araujo, terima kasih banyak kami sampaikan atas dedikasi dan kerjasamanya selama bersama tim Persipura Jayapura, semoga sukses selalu di tempat kerja yang baru nanti,” ucapkanya.

Pelatih Pengganti Sementara

Saat ini Manajemen juga telah mengutus asisten pelatih Persipura bernama Ridwan Bauw untuk menjadi pelatih sementara dalam mengisi kekosongan pelatih kepala Persipura.

“Untuk sementara tim akan diarahkan secara teknis oleh Tim Pelatih yang ada, Ridwan Bauw akan koordinir teman-teman pelatih. Kami akan segera mencari Pelatih Kepala yang baru, semoga dalam waktu dekat kita sudah bisa temukan, selain pengalaman, lisensi juga menjadi pertimbangan penting karena ada regulasi yang mengatur itu,” ungkapnya.

Baca Juga: KKB Tembak Karyawan di Nduga Papua dan Bakar Tangki Solar

Ia menambahkan bahwa Persipura akan bekerja lebih keras demi bisa keluar dari zona degradasi dengan semangat baru.

“Seluruh pemain sudah bertemu dengan manajer sekaligus membahas keputusan dan perubahan, rapat manajer, ofisial, tim pelatih dan seluruh pemain sudah dilakukan, dan seluruh tim sudah bersepakat untuk bekerja lebih keras dengan semangat yang baru. Sekali lagi, kami mohon doa dan dukungan semua pihak, kami optimis tim ini akan segera bangkit dan keluar dari zona degradasi,” pungkasnya.

Salah satu wartawan olahraga Jayapura, Raymond Latumahina mengaku terkejut dengan keputusan manajemen melepas Jacksen Tiago. Namun menurutnya, keputusan itu sudah tepat, tapi jangan sampai menjadi bumerang bagi tim.

“Sangat disayangkan, namun keputusan itu sudah tepat, hanya saja jangan menjadi bumerang bagi tim sendiri. Karena kondisi tim sedang terpuruk di dasar klasemen. Semoga bisa cepat mendapatkan pelatih dan bisa segera terhindar dari zona degradasi,” katanya.