Persitoli Tolikara Berhasil Melaju ke Final Setelah Menang Atas Arema Putri
beritapapua.id - Pemain Galanita Persitoli saat berselebrasi. (Dok. ASBWI)

Gabungan sepak bola wanita (Galanita) Persitoli Tolikara, sebagai wakil Papua, mengunci satu tempat di laga final Piala Pertiwi 2021/2022 usai mengalahkan tim kuat, Arema putri yang merupakan wakil Jawa Timur. Persitoli menang dengan skor tipis 1-0 di Lapangan Sabilulungan Soreang, Bandung, Sabtu (26/3/22).

Tim berjulukan Srikandi Nawi Arigi Waleman the Blues itu akan berhadapan dengan pemenang di laga semi final lainnya, Bangka Belitung yang berhasil mengalahkan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Galanita Persitoli melenggang ke babak final dengan catatan apik. Mereka belum terkalahkan dalam enam laga, sejak babak penyisihan Grup A. Pelatih Persitoli, Thomas Madjar mengaku puas dengan performa anak asuhnya di laga tersebut meski mendapatkan perlawanan ketat dari Arema putri.

“Puji Tuhan, terima kasih untuk Tuhan yang menghendaki kita bisa lolos ke partai final. Ini sesuai dengan komitmen semua pemain yang ingin berjuang untuk mendapatkan hasil terbaik di turnamen ini,” kata Madjar.

Bermain Kompak dan Solid

Ia membeberkan, kunci kemenangan timnya atas Arema karena bermain dengan organisasi permainan yang kompak dan solid. Selain itu, mereka juga bermodal kepercayaan diri tinggi setelah di laga sebelumnya meraih kemenangan telak 13-0 atas Lampung.

“Anak-anak fokus dengan organisasi permainannya, mereka bermain kompak dan solid serta percaya diri. Itu kunci kemenangan kita. Pertandingan tadi sangat seru sekali,” ujar Madjar.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Jayapura: Direvisinya RTRW Kota Baru Distrik Muara Tami Bisa Tingkatkan PDA

Kapten tim Galanita Persitoli, Selly Wunungga mengakui ia dan rekan-rekannya bisa mendapatkan hasil positif karena bermain saling percaya dan menjaga kekompakan.

“Kita saling percaya dan bermain dengan hati. Saling kompak antar pemain agar kami bisa mendapatkan hasil terbaik,” kata Selly.

Sementara itu, pencetak gol terbanyak Persitoli, Lisa Madjar juga menyatakan ia dan rekan-rekannya selalu siap tempur untuk menggapai target juara di Piala Pertiwi tahun ini.

“Kita selalu siap dan akan bekerja keras untuk bisa merebut trofi juara,” kata Lisa.

Persitoli tampil luar biasa di ajang Piala Pertiwi tahun ini. Mereka belum terkalahkan dan berstatus juara Grup A. Total gol mereka terbilang fantastis. Srikandi Nawi Arigi Waleman the Blues mencetak 29 gol. Persitoli membidik trofi Piala Pertiwi kedua mereka setelah sebelumnya pernah menjuarai ajang yang sama pada 2017 silam.