Persitoli Tolikara Wakil Papua, Berhasil Pulang Membawa Piala Pertiwi 2021/2022
beritapapua.id - Skuad Persitoli Tolikara saat menerima Piala Pertiwi. (Foto: Istimewa)

Gabungan sepak bola wanita (Galanita) Persitoli Tolikara yang merupakan wakil Papua, sukses membawa pulang Piala Pertiwi 2021/2022 usai mengalahkan Bangka Belitung (Babel) di babak final dengan skor 3-1 yang berlangsung di Lapangan Sabilulungan Soreang, Bandung, Senin (28/3/22).

Keberhasilan Persitoli sebagai wakil Papua itu kian mengukuhkan dominasi Papua di ajang Piala Pertiwi. Persitoli melanjutkan kedigdayaan Papua dengan total mengoleksi empat gelar juara, setelah sebelumnya sukses menjuarai turnamen tersebut pada 2010, 2014, dan 2017.

Tim berjuluk Srikandi Nawi Arigi Waleman the Blues tampil meyakinkan sejak awal turnamen di Grup A. Mereka belum terkalahkan hingga partai puncak. Di fase grup, Persitoli menggilas tuan rumah Jawa Barat dengan skor 7-0, mengalahkan Jawa Tengah 3-0, imbang 3-3 dengan Babel dan menang 2-0 atas Kalimantan Tengah.

Di babak perempat final, Nawi Arigi kembali pesta gol dan membuat rekor di Piala Pertiwi dengan kemenangan 13-0 atas Lampung. Lalu di semi final, mereka juga berhasil menghempaskan favorit juara, Jawa Timur dengan skor 1-0.

Berbekal hasil positif itu, Selly Wunungga dan kolega percaya diri menghadapi Bangka Belitung di laga final. Persitoli bermain dengan kekuatan penuh. Seluruh pemain terbaiknya tampil menghadapi Bangka Belitung.

Sempat Tertinggal

Meski tampil dominan, Persitoli harus tertinggal terlebih dulu lewat gol yang dicetak pemain Babel, Firanda di menit ke-34 memanfaatkan bola rebound dari tendangan bebas.

Selang tiga menit kemudian, anak asuh Thomas Madjar itu menyamakan kedudukan melalui gol Marsela Yuliana Awi di menit ke-37.

Persitoli kemudian berbalik unggul lewat gol yang dicetak Remini Chere Elisabeth Rumbewas pada menit ke-40. Hingga waktu jeda, Persitoli masih unggul 2-1.

Memasuki babak kedua, Persitoli terus bermain menekan. Serangan demi serangan yang digalang Lisa Armanita Madjar dari lini tengah akhirnya berdampak positif.

Baca Juga: Pemkot Jayapura Akan Melakukan Evaluasi PTM di Sekolah

Persitoli akhirnya memperbesar kemenangan menjadi 3-1 lewat gol pemain sayap lincah, Feni Binbarek di menit ke-79. Skor tersebut bertahan hingga akhir pertandingan. Persitoli menahbiskan diri sebagai kampiun Piala Pertiwi untuk kedua kalinya, setelah sempat menjuarai ajang yang sama pada 2017 silam.

Ketua Umum Asoasiasi Sepak bola Wanita Indonesia (ASBWI), H. Nadaisyah, menyampaikan selamat kepada tim Persitoli atas keberhasilan mereka menjuarai turnamen Piala Pertiwi 2021/2022.

“Selamat kepada tim Papua yang telah berhasil menjuarai Piala Pertiwi, telah bermain sportif dan membuktikan bahwa sepak bola wanita bisa unjuk gigi,” kata Nadaisyah.

Pujian juga datang dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Ia menilai, kesuksesan Persitoli itu tak terlepas dari peran besar Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo yang telah berhasil melakukan pembinaan sepak bola di daerahnya.

“Selamat kepada wakil Papua, Persitoli yang telah juara. Terima kasih kepada Bupati Tolikara yang berhasil membina sepak bola di sana, luar biasa, ke depan kami berharap bisa ada banyak lagi Bupati seperti ini di Indonesia. Ini contoh Bupati yang luar biasa,” katanya.