Persyaratan Surat Izin Keluar Masuk selama PSBB di Jakarta
beritapapua.id - Persyaratan Surat Izin Keluar Masuk selama PSBB di Jakarta - Indonesia.go.id

Bagi Masyarakat yang hendak keluar masuk wilayah DKI Jakarta selama kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlangsung, diwajibkan untuk mengikuti aturan yang berlaku. Salah satunya yaitu dengan adanya surat izin keluar masuk (SIKM) yang diberlakukan bagi warga yang hendak keluar masuk selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Surat izin ini diperuntukan bagi sektor usaha yang dikecualikan selama PSBB berlangsung yang diberikan kepada seseorang pelaku usaha atau orang asing yang bertugas dalam pekerjaannya maupun kepentingan lain yang mendesak. SIKM ini hanya akan diberikan kepada warga yang memang diharuskan untuk keluar dan masuk wilayah DKI Jakarta.

Warga diperbolehkan mengurus SIKM apabila bidang pekerjaannya termasuk ke dalam sektor yang diperbolehkan beraktivitas selama PSBB. Pemprov DKI Jakarta juga sudah menetapkan 11 sektor usaha yang masih diperbolehkan beroperasi maupun keluar masuk selama PSBB. Yaitu seperti bidang kesehatan, bahan pangan atau makanan dan minuman, energi, komunikasi dan teknologi informatika, keuangan, logistik, perhotelan, hingga konstruksi dan berbagai bidang yang bergerak di industri strategis, pemenuhan kebutuhan sehari-hari, serta pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri.

Aturan larangan mudik lokal ini diberlakukan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dimana warga yang ingin keluar-masuk jakarta harus membawa KTP dan membawa surat izin keluar masuk DKI Jakarta selama PSBB pandemi Covid-19 yang disertai dengan QR Code. Sehingga petugas lapangan tinggal melakukan pemindaian untuk mengecek keabsahan surat izin. Surat izin ini bisa didapat melalui website pemprov DKI Jakarta dialamat https://corona.jakarta.go.id/id. Dinas terkait menjalankan aturan ini dengan melakukan pengetatan dan penjagaan di 12 titik check point tambahan diwilayah perbatasan keluar masuk Wilayah DKI Jakarta.

Baca Juga: Flu Spanyol Pandemi Yang Lebih Mengerikan Dari Covid-19

Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi untuk Keluar-Masuk Jakarta

Nantinya, dalam mendapatkan SIKM dipertukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat dalam rangka permohonan Surat Izin ini. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk keluar masuk Jakarta:

Kategori yang bisa memperoleh SIKM dibagi menjadi:

  1. Instansi pemerintah pusat dan daerah
  2. Kantor perwakilan negara asing dan atau prganisasi internasional
  3. Badan Usaha Milik Negara maupun Badan Usaha Milik Daerah yang turut melakukan penanganan virus Covid-19

Sedangkan untuk persyaratan permohonan SIKM adalah sebagai berikut:

  1. Foto KTP
  2. Surat pernyataan sehat
  3. Pengantar dari RT dan RW
  4. Surat keterangan perjalanan dinas
  5. Surat keterangan bekerja di Jakarta