Pertamina Bangun Pertashop di 16 titik Wilayah Papua Barat
beritapapua.id - ilustrasi Pertashop Pertamina. (dok. Pertamina)

PT Pertamina (Persero) melalui Sub-Holding Commercial dan Trading Region Papua Maluku menyediakan tempat pengisian bahan bakar berskala kecil atau Pertashop. PT Pertamina nantinya akan merealisasikan Pertashop tersebut di 16 titik untuk melayani masyarakat di wilayah Papua Barat.

Dalam siaran pers di Jayapura, Sabtu, Edi Mangun selaku Unit Manager Communication dan CSR Pertamina Regional Papua Maluku mengkonfirmasi hal tersebut.

Edi Mangu mengatakan bahwa Pertashop merupakan lembaga penyalur resmi dari Pertamina berskala lebih kecil dari SPBU. Selain itu Perstashop ini juga ia katakan telah memenuhi aspek legalitas dan aspek HSSE atau Health, Safety, Security, and Environment.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini total Pertashop sudah mencapai 16 titik yang 10 titik tersebar di wilayah Manokwari dan Manokwari Selatan. Sedangkan 2 titik di Kaimana, 1 titik di Fakfak dan 3 titik lainnya berada di wilayah Sorong.

Baca Juga : Sub PB PON Berharap Sisa Dana Rp16 Miliar Dapat Cair Pada Pekan Ini

Pertashop sebagai upaya untuk terus memberikan kemudahan akses masyarakat khususnya wilayah Papua Barat untuk mendapatkan energi yang berkualitas.

Menurutnya pertashop juga merupakan salah satu bagian penting dari program Pertamina tengah terlaksana yaitu, One Village One Outlet atau OVOO. Dari semenjak terlaksana pada tahun 2020 silam, banyak sekali masyarakat yang telah merasakan manfaat dari Pertashop tersebut.

Menurutnya dengan adanya Pertashop, masyarakat bisa mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) lebih dekat tanpa harus menempuh jarak yang jauh lagi.

Penyalur Kebutuhan BBM Berkulitas Bagi Masyarakat

Pertashop merupakan lembaga penyalur yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam bentuk BBM yang berkualitas bagi masyarakat. Adanya pertashop memang jawaban untuk wilayah atau daerah yang lokasinya masih belum tercapai dan memiliki keterbatasan akses menuju SPBU.

Tidak hanya 16 titik, Pertamina Region Papua Maluku masih berencana untuk meningkatkan layanan Pertashop dengan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah. Hal ini guna dalam upaya untuk penambahan outlet sehingga aksesibilitas dan pemerataan energi dapat terasa manfaatnya oleh masyarakat, khususnya di Papua Barat.

“Dengan harga dan kualitas yang sama dengan BBM yang dijual di SPBU, kami berharap Pertashop dapat menjadi jawaban pemerataan distribusi energi yang akan memberikan efek berkelanjutan bagi perkembangan ekonomi masyarakat”, tambah Edi Mangun.