Pesan Dominggus Mandacan Kepada Pj Gubernur Papua Barat
beritapapua.id - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama istri saat acara sertijab. (Foto: Antara)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat menggelar serah terima jabatan (sertijab) penjabat Gubernur Papua Barat. Acara ini berlangsung di Gedung Auditorium PKK Provinsi Papua Barat di Manokwari (20/5/2022). Dalam acara tersebut terlihat hadir seluruh bupati dan wakil bupati se-Papua Barat.

Gubernur Papua Barat periode 2017-2022 Dominggus Mandacan meminta Penjabat Gubernur Paulus Waterpauw agar merangkul semua elemen masyarakat di daerah ini dan Forkopimda demi menjaga keamanan daerah.

“Rangkul semua elemen masyarakat yang ada di Provinsi Papua barat, terus bangun komunikasi dengan MRP (Majelis Rakyat Papua), DPRD Papua Barat, unsur Forkopimda, bupati, wali kota, tokoh masyarakat, tokoh adat dan semua pemangku kepentingan,” ujar Dominggus Mandacan, Jumat (20/5/2022).

Ia berharap Paulus Waterpauw dapat melanjutkan seluruh program kerjanya bersama Wakil Gubernur Mohammad Lakotani yang belum terselesaikan.

Menurutnya, seluruh masyarakat Arfak yang bermukim di sekitar Manokwari menerima dan memberikan dukungan penuh kepada Paulus Waterpauw. Terutama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Papua Barat.

Pandemi Covid-19 Jadi Penghalang Beberapa Program Mandacan

Selama dua tahun masa pandemi Covid-19, ada banyak program dan kegiatan strategis tidak bisa terlaksana secara maksimal. Salah satu alasannya adalah anggaran daerah banyak terserap untuk penanganan pandemi global tersebut.

“Program dan kegiatan strategis yang tidak sempat terlaksana selama dua tahun akibat pandemi agar dapat dilanjutkan dengan melihat relevansinya,” ujarnya.

Baca Juga: Masyarakat Adat Sambut Kedatangan Paulus Waterpauw di Manokwari

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mewakili seluruh rakyat di wilayah itu mengucapkan terima kasih atas pengabdian pasangan Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani selama lima tahun menjalankan tugas sebagai Gubernur dan Wagub Papua Barat.

“Kita tahu selama kepemimpinan Bapak berdua, dunia dilanda pandemi Covid-19, tidak terkecuali di Provinsi Papua Barat. Kami percaya berkat kebijakan dan upaya yang dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan dalam penanggulangan pandemi Covid-19 dapat dilalui dengan baik,” kata Waterpauw.

Putra asli Papua kelahiran Fakfak ini mengharapkan dukungan, bantuan dan masukan dari seluruh elemen masyarakat. Kemudian para pemangku kepentingan di daerah itu untuk bersama-sama membangun Provinsi Papua Barat ke arah yang lebih maju dan sejahtera.