Pesawat Pengangkut Bansos Untuk Papua Tergelincir di Paniai
beritapapua.id - Pesawat Pengangkut Bansos Untuk Papua Tergelincir di Paniai - Head Topics

Pesawat Pengangkut Bansos Untuk Papua Tergelincir di Paniai – Pesawat milik Tariku Aviation, dengan rute penerbangan PK-RBP yang melakukan pengangkutan Bantuan Sosial (Bansos) berupa Sembako mengalami insiden tergelincir di Kabupaten Paniai, Papua. Diketahui kecelakaan yang menimpa Pesawat pengangkut sembako tersebut merupakan salah satu jenis pesawat berbadan kecil. Adapun daerah Paniai ini berada di wilayah adat Mepago tepatnya di wilayah Pegunungan Cartenz. Kabupaten Paniai merupakan salah satu daerah yang belum bisa dijangkau dengan moda transportasi darat. Karena kondisinya yang berada di daerah Pegunungan maka hanya bisa dijangkau dengan menggunakan pesawat berbadan kecil.

Dilansir dari detik.com, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya Sabtu (1/8/2020) menyebutkan tidak terdapat korban jiwa.  Sedangkan untuk pilot kondisinya stabil dan tidak mengalami luka yang cukup parah. Saat ini kedua Pilot tersebut tengah dievakuasi ke Guest House Bupati Paniai untuk selanjutnya dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis. Sedangkan untuk Pesawat sampai saat ini masih berada di TKP untuk menunggu keputusan dari pusat PT Tariku Aviation PK-RBP.

Baca Juga: Persipura Jayapura, Siap Kembali Merumput

Kronologi Terjadinya Insiden Tergelincirnya Pesawat Pengangkut Bansos

Sebelum insiden terjadi, diketahui Pesawat tersebut berangkat pada Jumat (31/7/2020) pukul 10.07 WIT dari Bandar Enarotali menuju Distrik Siriwo. Pesawat tersebut berangkat dengan membawa bansos berupa beras 100 karung, 100 paket gula, kopi, garam, dan minyak. Namun sayangnya Pesawat mengalami kendala di Distrik Siriwo pada Sabtu (1/8/2020) pukul 11.45 WIT. Sehingga pesawat tidak bisa kembali ke Bandara Enarotali. Karena mengalami kecelakaan di pedalaman Paniai. Sampai akhirnya Kapten pilot Ramsei dan kopilot Edo yang menerbangkan pesawat Tariku Aviation PK-RBP, dievakuasi menggunakan heli PK-Inc untuk menuju ke Bandara Enarotali.

Pesawat tersebut direncanakan melakukan dua perjalanan (sorties), namun karena adanya kegagalan di penerbangan kedua. Namun akibat masalah yang dihadapi di lapangan terbang Distrik Siriwo, salah satu distrik di wilayah Kabupate Paniai. Maka pesawat tersebut tidak bisa kembali ke Bandara Enarotali. Dilaporkan juga terkait Penyebab insiden tersebut masih belum diketahui. Pesawat keluar landasan dan masuk ke semak-semak