Piala Menpora 2021 akan Bergulir, Apa Kabar Persipura
Piala Menpora 2021 akan Bergulir, Apa Kabar Persipura

Piala Menpora 2021 akan Bergulir, Apa Kabar Persipura? – Pandemi Covid-19 telah menggugurkan kompetisi Liga 1 2020 Indonesia. Baru 3 pekan bergulir, kompetisi Liga 1 2020 harus berhenti demi mematuhi protokol kesehatan. Hal ini membuat dunia persepakbolaan Indonesia luluh lantah.

Termasuk Persipura, klub bola kesayangan masyarakat Papua. Karena Liga 1 2020 harus berhenti, Tim Mutiara Hitam tersebut harus gulung tikar. Pada Januari 2021, pihak manajemen Persipura menyatakan timnya membubarkan diri.

Melihat kondisi tersebut, PSSI berinisiatif menyelenggarakan kompetisi. Kompetisi tersebut merupakan turnamen sepak bola yang bergulir sebagai kompetisi pramusim. Direktur utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, menyebut kompetisi tersebut bernama Piala Menpora

“Piala Menpora menjadi nama turnamen pramusim. Saya menerima kabar ini kurang lebih sepekan terakhir dan yang mengusulkan adalah PSSI,” ujar Akhmad Hadian Lukita, mengutip dari goal.com.

Meski yang mengusulkan kompetisi tersebut adalah PSSI, pihak Menpora tidak mempermasalahkan hal tersebut. Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, menyebut pihaknya tidak keberatan asal pihak kepolisian memberikan izin.

“Ya memang itu surat dari PSSI, prinsip kami tidak keberatan asal izinnya keluar dari pihak kepolisian. Izin dari pihak kepolisian belum keluar,” ucap Gatot.

Menurut perencanaan PT LIB dan PSSI, Piala Menpora 2021 akan berlangsung pada bulan Maret hingga April. Nantinya, piala ini menjadi tolak ukur penggelaran kompetisi sepak bola. Artinya, Piala Menpora 2021 menjadi uji coba penyelenggaraan kompetisi sepak bola dalam masal pandemi.

“Tentunya kita akan lihat apakah penyelenggaraan tersebut bisa terlaksana sesuai dengan syarat-syarat tersebut. Sore hari (18/2) ini saya serahkan surat izin keramaian untuk kegiatan prakompetisi,” beber Kapolri Listyo Sigit terkait hal itu.

Piala Menpora belum Menggugah Persipura

Baca juga: Manusia Terbaik dan Terburuk Menurut Rasulullah

Mendengar kabar ihwal Piala Menpora 2021, Persipura masih belum melakukan persiapan tanding. Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, pun menyebut bahwa timnya saat ini sudah bubar.

“Sampai saat ini tim (Persipura Jayapura) masih bubar,” katanya, mengutip dari BolaSport.com, Senin (22/02/2021).

Atas jawaban tersebut, hingga saat ini Persipura belum menggelar latihan. Menurut Jacksen F Tiago, kondisi pembubaran tim merupakan arahan dari manajemen. Segala aktivitas tim ke depannya masih menunggu arahan dari manajemen. Termasuk berpartisipasi dalam Piala Menpora 2021.

“Tim masih bubar sesuai arahan dari manajemen beberapa waktu lalu,” Imbuhnya.

Bubarnya Tim Mutiara Hitam ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang menghentikan kompetisi Liga 1 2020. Hasilnya, Persipura kehilangan sponsor utama yang membuat tim kesulitan finansial.