Pj Gubernur Papua Barat Melepas Kontigen Jamnas XI Papua Barat di Pelabuhan Laut Kota Sorong
beritapapua.id - Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Pur) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si melepas kontingen Papua Barat ke Jamnas XI di Pelabuhan Kota Sorong. (Foto: Tim Media PJGPB)

Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn). Drs. Paulus Waterpauw. M.Si melepas Kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI, kwartir daerah (kwarda) Papua Barat di Terminal Pelabuhan Laut Kota Sorong, Jumat (6/08/2022).

Gubernur Waterpauw berpesan kepada Kontingen Jambore Nasional agar dapat mengharumkan nama Papua Barat dalam ajang nasional tersebut. Karena kegiatan tersebut akan banyak mempertemukan anak-anak dari seluruh daerah di Indonesia.

“Pesan kakak, jaga semangat kebersamaan, kekompakan tim, regu untuk meraih prestasi dalam setiap lomba demi kehormatan pribadi, keluarga, pemerintah daerah dan mengharumkan nama Provinsi Papua Barat,” pesan Waterpauw.

Jambore Nasional tahun 2022 merupakan pesta penggalang tingkat nasional, dan tahun ini mengambil tema “Melalui Kegiatan Jamnas XI 2022, kita wujudkan pramuka yang ceria, berdedikasi dan berprestasi”.

“Tema tersebut saya harapkan dapat menjadi panduan dan memotivasi kita semua, khususnya adik-adik penggalang peserta Jamnas-XI untuk mengikuti berbagai kegiatan dan lomba bidang kepramukaan khususnya di tingkat nasional untuk mewakili provinsi papua barat,” ujar Waterpauw.

Kobarkan Semangat Persaudaraan

Peserta Jambore Nasional tahun ini akan datang dari berbagai Provinsi di Indonesia dan juga dari beberapa negara tetangga. Untuk itu ia berharap peserta Jamnas Papua Barat senantiasa harus tampil ceria dengan mengobarkan semangat persaudaraan antar sesama pramuka penggalang.

“Dari ribuan siswa di Provinsi Papua Barat, hanya beberapa adik yang terpilih dan dipercayakan sebagai peserta Jamnas tahun ini mewakili kwartir kabupaten, provinsi dan peristiwa jambore seperti ini tidak akan terulang untuk ke-2 kali bagi adik-adik sekalian,” kata Gubernur Waterpauw.

Baca Juga: Petrus Kasihiw Berharap Pramuka Daerah Teluk Bintuni Bisa Tunjukkan Prestasi di Jambore Nasional XI

Ia mengatakan gerakan pramuka kwarda Papua Barat juga diharapkan dapat berperan menjadi duta perubahan perilaku.

Ia juga minta para duta pramuka dapat memberi contoh teladan untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar dapat hidup lebih teratur. Terlebih memberikan contoh hidup yang lebih sehat di masa pademi Covid-19 seperti ini.

“Saya berharap adik-adik dapat mengikuti jambore nasional ke-XI yang akan berlangsung di bumi perkemahan cibubur jakarta dengan sukses, berprestasi dan tetap menjaga kehormatan dan menjadi kebanggan Provinsi Papua Barat,” ujar Waterpauw.