Penjabat Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo mengatakan Pemerintah Provinsi Papua Selatan telah melakukan inventarisasi ruas jalan yang menjadi kewenangan pemprov Papua Selatan.

Hal itu dikatakan Apolo Safanpo usai membuka acara Musda pertama DPD Partai Hanura Provinsi Papua Selatan Di Hotel Itese, Minggu (29/1/2023).

“Tim sedang melakukan inventarisasi ruas ruas jalan yang menjadi kewenangan pusat, kewenangan provinsi dan kewenangan kabupaten,” kata Apolo Safanpo.

Setelah dilakukan Inventarisasi, lanjut Apolo, Pemerintah Provinsi Papua Selatan akan melakukan perbaikan ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

Terkait rencana pembangunan di Papua Selatan, sebelumnya Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperinda) Provinsi Papua Selatan telah menggelar rapat kerja terkait perencanaan percepatan pembangunan Provinsi Papua Selatan, Rabu (25/1/2023).

Rapat yang digelar di Hotel Swiss-Bell Merauke, Papua Selatan tersebut menghadirkan kepala daerah serta Pimpinan OPD terkait yang berada pada 4 kabupaten di Papua Selatan.

Kepala Baperinda Provinsi Papua Selatan Ulmi Listianingsih Wayeni dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang digelar selama 2 hari tersebut bertujuan untuk sinkronisasi perencanaan pembangunan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten.

Sinkronisasi nantinya juga diharapkan mampu menentukan arah pembangunan jangka menengah Provinsi Papua Selatan periode tahun 2024 hingga tahun 2026.

Sementara, Penjabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dalam sambutannya mengatakan rapat kerja yang di gelar tersebut sebagai bagian dari perencanaan yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Papua Selatan kedepannya.
Rapat kerja yang digelar tersebut, kata Apolo penting untuk mendesain dan merancang arah pembangunan Provinsi Papua Selatan.

“kita ingin masyarakat kita sejahtera, untuk itulah kita membangun di berbagai sektor, oleh karena itu dibutuhkan perencanaan yang baik dalam mendesain dan merancang pembangunan di berbagai sektor agar kita dapat melaksanakannya sesuai apa yang kita rencanakan,” tambah Apolo.