Pj Wali Kota Jayapura Canangkan Budaya Kerja Berintegritas
beritapapua.id - Pj Wali Kota Jayapura Dr Frans Pekey, MSi (tengah). (Foto: Istimewa)

Pejabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Dr. Frans Pekey. M. Si mencanangkan budaya kerja berintegritas, Senin (4/7/2022) tepat pada apel gabungan Pemerintah kota Jayapura.

Saya mengajak PNS maupun non PNS untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Apalagi kota Jayapura punya prestasi yang luar biasa, banyak penghargaan yang kita raih, itu semua hasil kerja ASN di bidang tugas masing-masing.

Untuk itu prestasi dan kinerja yang kita raih, kita rawat dan jaga, lanjutkan serta tingkatkan. Jangan sampai prestasi tersebut kemudian turun, karena itu hari ini kita akan mencanangkan budaya kerja berintegritas.

Semua prestasi kinerja yang kita raih harus menjadi dasar kerja kita standar kerja kita supaya tidak turun dari apa yang kita raih sebagai.

“Hari ini kita canangkan sebagai budaya kerja pemerintah kota Jayapura. Budaya kerja yang berintegritas yaitu menunjukkan jati diri dan kepribadian,” kata Pj Frans Pekey.

Pemerintah kota sejak 10 tahun terakhir semenjak Dr. Benhur Tomi Mano, MM dan Dr. Ir. H. Rustan Saru, MM menjabat Wali Kota dan Wakil sudah mencanangkan wilayah Tertib Administrasi, Tertib Aturan, Bebas Korupsi dan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Atas dasar itu, kerja-kerja pemerintah kota Jayapura sudah menunjukkan hasil dengan berkinerja yang baik, tinggi, berprestasi dengan mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai pihak baik itu pemerintah dan lembaga-lembaga non pemerintah,” tutur Frans Pekey.

Ia juga menambahkan bahwa akan mempertahankan kinerja dan meningkatkan apa yang sudah ada.

“Nah, standar kerja itu terus dilakukan berulang-ulang dan itu menjadikan sebuah kebiasaan sehari-hari dalam melayani dan membangun kota,” tegas Frans Pekey.

Karena itu saya menjadikan sebagai budaya kerja. Ada 6 poin. Tertib Administrasi, Tertib Aturan, Pelayanan Prima, Inovasi Dan Perubahan, Bebas Korupsi, dan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujarnya.

Pelayan Prima dan Standar Kerja

Selama ini kita sudah melakukan pelayanan prima, karena itu menjadi standar terbaik dan digunakan menjadi standar kerja.

“Kemudian, dalam hubungannya dengan inovasi dan perubahan yang mengikuti dinamika masyarakat dan perubahan dunia yang terjadi, karena pemerintahan itu dinamis. Terus melakukan perubahan-perubahan inovasi, kreasi dalam menciptakan, mewujudkan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” papar Pekey.

Baca Juga: Kontingen Papua Berhasil Tambah Medali di Fornas VI 2022

Kemudian “Bebas Korupsi”. Tentu kita tidak ingin ada PNS ada pejabat atau oknum yang terlibat dengan korupsi, karena itu pemerintah kota Jayapura harus bebas korupsi dan menjadi budaya kerja,” imbuhnya.

Frans Pekey pun menambahkan, “Wajar Tanpa Pengecualian”. Kita sudah raih 9 kali WTP, itu standar pengelolaan keuangan yang baik, itulah yang menjadi standar kerja pengelola keuangan kita dan terus-menerus sehingga WTP itu bukan prestasi lagi, tapi standar kita untuk bekerja.

Demikian juga Adipura, kebersihan kota jangan kendur kita sudah raih 8 kali. Itulah menjadi standar kita kota harus bersih. Jadi opd terkait istri Kelurahan kita harus wujudkan kota bersih sebagai Kota Adipura.

Karena itu semangat dan spirit itu, maka saya mengajak seluruh jajaran pemerintah kota dan kita canangkan hari ini sebagai semangat untuk menjalankan tugas pekerjaan dengan sebuah budaya kerja, tentu yang berintegritas, ” tutup Pj Wali Kota, Frans Pekey.