PLBN Skouw Menjadi Tempat Pelaksanaan Natal Bersama
beritapapua.id - Gedung PLBN Skouw. (dok. Kementerian Keuangan)

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw akan menjadi tempat pelaksanaan dua kegiatan yang berlangsung dalam waktu dekat. Dua kegiatan yang akan terlaksana di PLBN Skouw adalah Natal bersama serta Festival Budaya dan Kuliner.

Natal bersama akan berlangsung di IKAL Jatim Papua dan melibatkan warga di perbatasan. Sedangkan untuk Festival Budaya dan Kuliner akan bertempat di BNPP (Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan) PLBN Skouw serta instansi terkait.

Untuk itu Deputi II BNPP Komjen Pol Paulus Waterpauw bersama Kepala PLBN Yan Numberi pada, Senin (15/11/2021) meninjau lokasi di Pasar Rakyat untuk tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Deputi II BNPP Komjen Paulus Waterpauw mengatakan festival budaya dan kuliner ini akan menjadi pemicu untuk kegiatan-kegiatan serupa. Dengan adanya kegiatan berkelanjutan seperti ini di masa mendatang bisa memberikan dampak ekonomi ke warga perbatasan.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga akan melibatkan anak-anak muda kreatif demi meningkatkan ekonomi warga di wilayah perbatasan.

“Festival ini akan melibatkan anak-anak muda kreatif, untuk membangkitkan ekonomi warga yang ada di perbatasan,” jelasnya.

Memiliki Potensi Ekonomi

Menurutnya kawasan PLBN Skouw memiliki potensi ekonomi yang bagus karena sudah mempunyai pasar rakyat yang menjual berbagai jenis barang. Hal ini dapat mempermudah warga dalam memenuhi kebutuhannya khususnya warga yang ada di perbatasan serta warga PNG khususnya yang ada di Vanimo.

Waterpauw juga menjelaskan bahwa potensi tersebut harus dikembangkan apalagi dengan terbitnya Inpres No. 1 tahun 2021 tentang tentang percepatan ekonomi di wilayah perbatasan khususnya di tiga wilayah yaitu Skouw di Papua, Motaain di Belu NTT dan Aruk di Sambas Kalimantan Barat.

Baca Juga: Peparnas XVI Sukses Tanpa Ada Penyebaran Covid-19

Dengan begitu kegiatan serupa menjadi agenda tetap untuk membangkitkan ekonomi dan pariwisata di masa yang akan datang.

“Perbatasan Skouw ini juga menjadi tujuan wisatawan. Sehingga nantinya wisatawan selain datang menikmati suasana perbatasan juga bisa menikmati kuliner dan menyaksikan pentas-pentas budaya,’’ jelasnya.

Sementara terkait dengan natal bersama IKAL Jatim yang akan terlaksana di perbatasan Skouw, Ketua IKAL Jatim Yohanis Momot mengatakan untuk menunjukkan bahwa wilayah tersebut penting karena menjadi jendela bagi Pemprov Papua dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga PNG.

Natal bersama juga akan menjadi momen untuk mendekatkan diri antar tokoh dan masyarakat terpinggirkan di wilayah perbatasan dengan Deputi II BNPP Komjen Pol Paulus Waterpauw.

“Deputi II BNPP Komjen Paulus Waterpauw mau mendekatkan diri dengan tokoh masyakat tokoh adat dan kaum terpinggirkan di wiayah perbatasan dan daerah lain Kota Jayapura. Mulai dari Koya Tengah sampai Koya Timur dan sekitarnya,’’ jelas Momot.

Rangkaian kegiatan Natal Bersama tersebut, akan ada pembagian bantuan bahan makanan kepada masyarakat setempat.