PLN Berhasil Selesaikan Permohonan Layanan Multiguna di 89 Lokasi PON XX
beritapapua.id - ilustrasi Petugas PLN di Papua. (foto: Antara)

PT PLN (Persero) dalam waktu 24 jam berhasil menyelesaikan permohonan layanan multiguna ke 89 lokasi sarana pendukung PON XX di Papua.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid di Jayapura, mengatakan pihaknya bekerja di lapangan dengan penuh totalitas. Hal ini ia ungkapkan setelah memberikan keterangan kepada wartawan pada, Senin (21/09/21) kemarin.

Dengan begitu pihaknya bisa berhasil menyelesaikan permohonan layanan tersebut dan juga ada penambahkan dalam membangun infrastruktur baru.

Menurut Farid, saat menyambungkan listrik ke lokasi Asrama Rindam XVII/Cenderawasih dan Asrama Kompi C Yonif 751 Sentani, PLN perlu membangun JTR sepanjang total satu kilometer dan pembangunan gardu dalam waktu yang singkat kurang dari 24 jam.

“Normalnya pekerjaan perluasan jaringan dengan penambahan gardu itu membutuhkan waktu 25 hari. Namun karena kebutuhan PON yang mendesak, kami upayakan maksimal agar segera bisa tersambung, bagaimana pun caranya, asalkan tetap sesuai aturan dan SOP yang ada,” ujarnya.

Baca Juga: Kontak Senjata Kembali Terjadi di Kiwirok, Satu Personel Brimob Tewas

Ia juga menjelaskan bahwa saat ada permohonan sambung listrik bersamaan dalam jumlah besar PLN telah memperhitungkan hal tersebut. Untuk itu sebagai bentuk antisipasi PLN langsung membangun komunikasi sejak dini bersama para pemangku kepentingan.

“Sinergi dan komunikasi yang baik ini sangat membantu PLN dapat bergerak cepat dan sigap melayani semua kebutuhan yang mendesak,” katanya lagi.

Ada 140 Permohonan Baru

Dia menambahkan PLN memperkirakan permohonan layanan multiguna untuk sarana akomodasi non-hotel pendukung PON akan semakin meningkat. Karena ia menjelaskan bahwa data yang masuk, ada 140 permohonan baru per 24 September 2021. Untuk itu PLN juga akan segera melayani seluruh permintaan sambungan listrik tersebut.

“Layanan multiguna merupakan solusi PLN untuk melayani kebutuhan listrik pelanggan dan non-pelanggan dengan daya besar yang bersifat sementara” ujarnya.

Terkait dengan batas daya dan jangka waktu layanan, ia mengatakan bahwa itu kembali ditentukan oleh pihak pemohon.

Sedikit informasi, PLN menuntaskan permohonan layanan multigina pada 306 akomodasi non-hotel yang tersebar di 4 klaster penyelenggaraan. Sebagai rinciannya ada 83 titik di Kota Jayapura, 154 titik di Kabupaten Jayapura. Dan terdapat 11 titik di Kabupaten Mimika, dan 58 titik di Kabupaten Merauke