PLN Menjamin Kebutuhan Listrik Selama Penyelenggaraan PON XX
beritapapua.id - ilustrasi pekerja PLN sedang memeriksa kondisi listrik. (foto : antara)

PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat menjamin pasokan listrik selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua.

Karena memang untuk penyelenggaraan PON XX Papua tersebut PLN akan menambah kebutuhan daya listrik. Oleh karena pemenuhan kebutuhan itu tidak akan mengganggu pasokan listrik bagi konsumen PLN lainnya.

Muslim Salam, Manajer Bagian Perencanaan PT PLN (Persero) Wilayah Papua dan Papua Barat juga telah mengkonfirmasi hal tersebut.

Hal ini ia sampaikan dalam Pelatihan Wartawan Peliputan PON XX 2021 di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Jumat (20/8/2021).

“Yang jelas tak akan mengganggu pelayanan konsumen listrik, karena masih ada kelebihan 30 Megawatt,” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan.

Muslim menambahkan kesiapan pelayanan listrik dalam penyelenggaraan PON Papua sudah mencapai 90 persen di Jayapura, 97 persen di Timika dan 90 persen di Mimika.

“Penyediaan daya listrik untuk penyelenggaraan PON di Jayapura didukung sistem interkoneksi PLTU Holtekamp dan PLTA Orya Genyem, serta PLTD Waena dan Sentani. PT PLN juga menyediakan generator mobile di lokasi venue PON,” katanya.

564 Petugas Akan Bersiaga Amankan Pasokan Listrik

PT PLN (Persero) akan menyiagakan 564 petugas untuk mengamankan pasokan listrik selama PON XX Papua pada 2 – 15 Oktober 2021. General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Abdul Farid mengatakan, para petugas tersebut akan bertugas mulai 19 September hingga 17 Oktober 2021.

Meskipun perhelatan PON XX Papua akan secara resmi menggelar acara pembuka pada 2 Oktober 2021, namun akan ada pertandingan dan perlombaan dari sejumlah cabang yang mulai sebelum pembukaan PON.

Baca Juga : Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Papua Mencapai 2,7 Persen

Sebanyak 7 cabang olahraga nantinya akan mulai bertanding dan berlomba lebih awal. Dan cabang olahraga yang bertanding lebih awal ini akan mulai pada 22 September.

Untuk sekedar informasi, PON XX Papua diselenggarakan di empat klaster penyelenggaraan. Masing-masing klaster yang akan menjadi tuan rumah PON XX adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Total beban puncak di keempat kluster penyelenggaraan PON itu mencapai 126 MW, dengan daya mampu mencapai 204 MW. Jumlah itu masih menyisakan cadangan daya 78 MW.