PLN Menyalurkan Bantuan 1 Unit Mobil Toilet ke Pemkot Jayapura
beritapapua.id - Penyerahan mobil toilet dari PLN kepada Pemkot Jayapura. (Dok. PLN Papua)

Guna mendukung pemenuhan kebutuhan sanitasi fasilitas umum di Jayapura, PLN melalui PLN Peduli menyalurkan 1 unit mobil toilet kepada Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Pemerintah Kota Jayapura.

Dalam kegiatan itu , Moch. Andy Adchaminoerdin selaku General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Ketua Forum CSR, Rustan Saru.

Ketua Forum CSR Pemerintah Kota Jayapura, Rustan Saru saat penyerahan di Lapangan Kantor Wali Kota Jayapura menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan tersebut.

“Hari ini Forum CSR Pemerintah Kota dalam hal komunikasi kami dengan BUMN. Maka hari ini kita diberikan 1 unit toilet mobile yang telah kami terima dari CSR PLN tahun lalu. Hari ini telah selesai dan diserahkan langsung kepada Pemerintah Kota untuk pengelolaannya,” ujarnya.

Kebutuhan Mendasar

Rustan menambahkan, bantuan ini merupakan kebutuhan mendasar yang sangat diperlukan oleh Kota Jayapura.

“Selama ini ketika ada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan di luar dan butuh tempat buang air kecil maupun besar, tapi tidak ada tempat. Maka ini merupakan salah satu solusi untuk kepentingan umum,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menjelaskan bantuan ini merupakan salah satu sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dan BUMN, dalam hal ini PLN.

Baca Juga: Kasad Jenderal TNI Pastikan Tanggung Biaya Pendidikan Dua Putra Babinsa Yang Tewas di Papua

Menurutnya dengan adanya bantuan ini dapatk membantu kegiatan masyarakat yang berada di luar ruangan.

“Dalam membangun kota ini bukan saja bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi, bukan juga dari APBD, tapi juga pihak ketiga lewat program CSR mereka. Dan hari ini PT-PLN menyerahkan satu unit mobil toilet umum untuk pemerintah kota untuk kegiatan-kegiatan upacara maupun kegiatan lain,” jelasnya.

Senada dengan Wali Kota Jayapura, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan program CSR ini merupakan bentuk komitmen PLN untuk membantu Pemerintah Daerah.

“Sinergi antara PLN dengan Pemerintah Kota Jayapura sangat baik dan saling support. Sesuai rencana, PLN membantu fasilitas mobil toilet untuk kegiatan-kegiatan di luar ruang,” ucapnya.

Andy juga berharap bantuan mobil toilet ini bisa sangat membantu masyarakat saat melakukan aktivitas di luar ruang. Dengan begitu masyarakat tidak perlu khawatir saat melakukan aktivitas di luar ruang.