PLN Papua
beritapapua.id - PLN Papua Perpanjang Program Stimulus Covid-19 - Antara News

PLN Papua Perpanjang Program Stimulus Covid-19 – Program stimulus Covid-19 kembali diperpanjang oleh PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) kepada 122.594 pelanggannya. General Manajer PLN UIWP2B, Abdul Farid mengatakan hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah. Yaitu memperpanjang pemberian bantuan keringanan biaya listrik pelanggan bersubsidi dengan daya 450 VA dan 900 VA hingga September 2020. Program ini ditujukan kepada pelanggan yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. Untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu yang berdampak ekonominya, dalam menghadapi masa pendemi Covid-19.

Abdul menerangkan jumlah penerima stimulus mencakup pelanggan rumah tangga 450 VA sebanyak 98.059. Sementara untuk pelanggan 900 VA sebanyak 23.241 pelanggan dan jumlah pelanggan Bisnis Kecil (B1) sebanyak 1.394 pelanggan. Bagi pelanggan pascabayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan. Sementara untuk pelangan pra-bayar atau sistem token, besaran bantuan diperhitungkan berdasarkan rata-rata jumlah pemakaian tertinggi di Januari hingga Maret 2020.

PLN Papua Perpanjang Program Stimulus Covid-19
beritapapua.id – PLN Papua Perpanjang Program Stimulus Covid-19 – Republika

Baca Juga: Perjuangan Zaskia Adya Mecca Melahirkan Anak Kelima

PLN siap menyukseskan program stimulus Covid-19

Lebih lanjut Abdul juga menjelaskan kiat yang dilakukan PLN dalam menjangkau pelanggan di daerah terpencil. Yaitu PLN akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat kecamatan, desa dan kelurahan untuk memastikan bantuan listrik dapat diterima masyarakat. PLN juga siap untuk melanjutkan dan menyukseskan program tersebut, dimana pelanggan berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon. PLN optimis penagihan bulan Juli sampai dengan September tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan.

Program stimulus Covid-19 ini mencakup 4 jenis golongan pelanggan listrik yang mendapatkan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon. Daftar golongan pelanggan mendapatkan keringanan berdasarkan daya listrik yang diterima dan durasi waktunya. Pertama ada Rumah Tangga 450VA dengan Pembebasan tagihan/Token Gratis April s.d September 2020. Kedua Rumah Tangga 900VA Bersubsidi dengan Diskon 50% tagihan/tokenlistrik April s.d September 2020. Ketiga ada Bisnis Kecil 450VA Pembebasan tagihan/Gratis Mei s.d Oktober 2020. Dan keempat ada Industri Kecil 450 VA Pembebasan tagihan/Gratis Mei s.d Oktober 2020.

Adapun program stimulus Covid-19 untuk pengguna Token listrik bisa didapatkan melalui website www.pln.co.id lewat menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon). PLN juga membuka layanan WhatsApp di kontak 08122-123-123 untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik Gratis kepada Pelanggan.