Pergerakan Hiu Paus
Beritapapua.id - Pola Pergerakan Hiu Paus di Perairan Papua

CI (Conservation International) Indonesia juga menemukan fakta bahwa pergerakan Hiu Paus juga terjadi di perairan Teluk Triton di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat dan perairan Teluk Cendrawasih di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua. Di kedua lokasi tersebut, Hiu Paus bergerak dengan menggunakan pola musim (Teluk Triton) dan campuran (Teluk Cendrawasih).

Elasmobranch Program Manager CI Indonesia Abraham Sianipar mengatakan, penemuan yang dilakukan melalui penelitian oleh tim CI Indonesia, berkontribusi banyak untuk menyingkap perilaku Hiu Paus yang sebelumnya masih menjadi misteri.

Pola Pergerakan Hiu Paus di Perairan Papua

Pergerakan Hiu Paus
Beritapapua.id – Pemasangan Tag Satelit Pada Hiu Paus

Pola pergerakan rumahan adalah pola yang menunjukkan bahwa perairan tersebut menjadi lokasi tempat berkumpulnya Hiu Paus sepanjang tahun. Sementara, untuk pola musiman, itu adalah pola yang digunakan Hiu Paus untuk berada di perairan tersebut pada waktu-waktu tertentu saja.

Sedangkan, pola campuran adalah gabungan dari musiman dan rumahan yang menjadi favorit Hiu Paus di Teluk Cendrawasih. Analisis tersebut didapat dia dan tim dari data pemasangan tag satelit yang ada pada 53 Hiu Paus di tiga lokasi tersebut. Dalam penelitian tersebut, tim CI juga mempertimbangkan seluruh Hiu Paus yang diteliti merupakan individu yang belum mencapai kedewasaan.

Baca juga: Pembangunan Pasar Untuk Mama Papua

Lebih mendalam Abraham menerangkan, dari hasil penelitian yang dilakukan, di Teluk Saleh diketahui hanya ada empat dari 12 Hiu Paus yang berani berenang keluar dari kedalaman air. Sementara, sisanya atau delapan individu yang dipasangi tag satelit tetap berada di dalam perairan teluk selama penelitan berlangsung dan bahkan beberapa di antaranya ada yang menetap selama 20 bulan.

Kemudian, untuk semua Hiu Paus yang dipasang tag di Teluk Triton, menurut Abraham semuanya menunjukkan pergerakan ke arah Laut Arafura. Semua Hiu Paus tersebut, diketahui menghabiskan sekitar 35 persen waktunya di luar perairan yang masuk Kabupaten Kaimana. Sementara, untuk Hiu Paus di Teluk Cendrawasih, dari hasil penelitian memperlihatkan pola campuran.

Terungkapnya pola pergerakan yang berbeda, menurut Abraham, bisa muncul karena karakteristik perairan di ketiga lokasi tersebut memang berbeda-beda. Itu terlihat dari perairan Teluk Saleh dan Teluk Cendrawasih yang memperlihatkan pola rumahan dan campuran. Kedua pola tersebut ada, karena bentuk kedua teluk tersebut tertutup dan terisolasi.