Polres Jayawijaya Mulai Melaksanakan Operasi Ketupat Cartenz 2022
beritapapua.id - Pembukaan operasi ketupat Cartenz 2022. (Foto: Istimewa)

Polres Jayawijaya mulai melaksanakan Operasi Ketupat Cartenz 2022, yang sudah mulai berjalan pada Jumat (22/4/2022) kemarin.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022 ini dalam rangka mengawasi arus mudik Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Dalam pelaksanaannya Operasi Ketutas Cartez 2022 melibatkan 200-an lebih personel baik Polri, TNI, maupun Banpol dan ORARI.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Muh. Safei A.B mengatakan pelaksanaan gelar pasukan ini sasarannya untuk mengamankan masyarakat, yang melaksanakan mudik lebaran.

Untuk itu pihaknya telah menyiapkan dua pos pengamanan, yang berada di Bandara Wamena dan di peremtana jalan Irian-Achmad Yani.

“Jayawijaya sendiri karena ini imbauan di seluruh Indonesia, maka kami siapkan dua pos pengamanan. Satu pos pelayanan di Bandara Wamena dan satu pos lagi di perempatan jalan Irian-Achmad Yani,” katanya.

Demi Keamanan dan Kenyamanan

Menurutnya, pelaksanaan Operasi Ketupat Cartenz 2022 ini juga bertujuan agar setiap masyarakat yang melakukan perjalanan keluar daerah maupun yang berhari raya di Jayawijaya, mendapat pelayanan khususnya dalam soal keamanan dan kenyamanan.

Untuk itu, pihaknya juga meminta agar tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung dapat mendukung pelaksanaan pengamanan saat libur hari raya.

Baca Juga: Konferensi XXII PGRI di Jayawijaya Untuk Satukan Persepsi Dalam Memajukan Pendidikan

“Begitu juga setelah hari raya biasanya tempat-tempat wisata ramai dikunjungi warga, semua jajaran sudah disampaikan bahwa yang memiliki tempat wisata, turut serta mengamankan pelaksanaan kegiatan masyarakat yang akan berwisata,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Jayawijaya, Drs. Basni mengatakan arus mudik di Jayawijaya tidak seramai di daerah lainnya di Papua, maupun di luar Papua.

Namun dinasnya tetap melakukan pengawasan, khususnya jalur darat Wamena-Jayapura yang tetap menjadi perhatian. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Lantas Polres Jayawijaya dalam melakukan pengawasan.

“Antisipasi hanya jalur darat, dengan berkoordinasi dengan Lantas Polres Jayawijaya di mana banyaknya kendaraan over kapasitas atau muatan, itu yang coba kami tekankan agar menghindari kecelakaan,” kata Basni.

Ia juga menambahkan bahwa pengawasan ini juga dilakukan demi mengantispasi maraknya penjualan minuman berakohol.

“Selain itu antisipasi barang terlarang seperti minuman beralkohol, juga tarif harga barang,” tutup Basni.