Polres Jayawijaya Musnahkan Seribu Botol Miras Hasil Razia
beritapapua.id - seribu botol miras ilegal dimusnahkan di halaman Mapolres Jayawijaya (20/10/2021). (Dok. Humas Polda Papua)

Polres Jayawijaya melakukan pemusnahan barang bukti minuman keras (miras) pabrikan. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut hasil dari razia polisi di Kabupaten Jayawijaya.

Kapolres Jayawijaya AKBP Muh Safei mengatakan pihaknya memusnakan barang bukti di halaman Mapolres Jayawijaya itu sebanyak 1.008 botol.

“Total ada sebanyak 1.008 botol miras pabrikan yang dimusnahkan yang terdiri dari Miras jenis Vodka sebanyak 960 botol dan Miras jenis anggur merah sebanyak 48 botol,” kata Safei dalam keterangannya, Kamis (21/10/21).

Saat polisi mengamankan bahwa minuman itu, polisi tidak menemukan pemilik, katanya.
“Untuk pemiliknya kita belum mengetahui, termasuk menemukan siapa yang memasok. Semuanya kini masih dalam penyelidikan Polres Jayawijaya,” katanya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Jayawijaya AKP F. D Tamaela mengungkapkan, pemusnahan barang bukti miras tersebut hasil razia pihaknya pada 9 Oktober 2021 lalu.

“Hari ini kita berkumpul bersama untuk memusnahkan miras yang sudah berhasil kami amankan saat kegiatan Razia tanggal 9 Oktober 2021 di Distrik Wadangku perbatasan Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Jayawijaya,” ungkap Tamaela.

Penyebab Utama Terjadi Tindak Pidana

Ia menjelaskan, miras menjadi salah satu penyebab utama terjadinya suatu tindak pidana di Kabupaten Jayawijaya. Oleh karenanya, ia berharap adanya dukungan pihak terkait untuk memusnahkan peredaran miras.

“Kedepannya kami berharap dukungan dari Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat agar kita bisa maksimal dalam memberantas peredaran Miras di Kabupaten Jayawijaya,” jelasnya.

Baca Juga: Penjual Buah dan Es Buah Mendapatkan Keuntungan Lebih Saat PON XX

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Jayawijaya mengapresiasi atas kinerja Polres Jayawijaya dalam menjaga situasi keamanan di wilayah Jayawijaya.

Dan ia juga berharap para pemuda di wilayah tersebut untuk tidak mengonsumsi miras, karena menurutnya hal tersebut hanya memberikan dampak negatif.

“Saya berharap hal baik ini dapat terus untuk ditingkatkan. Sehingga para pemuda di Kabupaten Jayawijaya menjadi sadar bahwa mengonsumsi miras hanya dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut turut hadir juga Kapolres Jayawijaya AKBP Muh Safei, Kabag Ops Polres Jayawijaya AKP F. D Tamaela, PJU Polres Jayawijaya, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Jayawijaya Lekius Jikwa, Pemerhati HAM Pegunungan Tengah, Kepala Kampung Lantipo Hengki Heselo dan Sekretaris LMA Jayawijaya Herman Doga.