Polresta Jayapura Ajak Tokoh Agama Sukseskan Program Vaksinasi
beritapapua.id - sejumlah warga antusias ikut gebyar vaksin Polrestas Jayapura. (dok. archive Polresta Jayapura)

Polresta Jayapura Kota mengajak tokoh agama untuk ikut membantu dalam penanganan pandemi Covid-19, di antaranya mensosialisasikan program vaksinasi.

Wakapolresta Jayapura Kota, AKBP Supratono menyampaikan itu saat mengikuti rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Kantor Kota Jayapura, Papua Senin (30/8/2021).

“Semua ini demi kebaikan kita semua sehingga tidak ada lagi warga yang terinfeksi virus korona,” ujarnya.

Ia mengatakan salah satu tantangan dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 adalah berita bohong (hoax) terkait vaksinasi yang beredar di masyarakat. Akibat dari hoax tersebut ada beberapa masyarakat akhirnya percaya bahwa vaksinasi berbahaya untuk tubuh.

“Kesadaran masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi masih kurang. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran warga untuk ikuti divaksin. Padahal vaksin ini sangat baik untuk memberikan kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19,” ujar Supraptono.

Supraptono menjelaskan masih ada warga yang tidak mau mengikuti vaksinasi, terbukti saat melakukan rapid test antigen masih ada warga yang melarikan diri. Hal tersebut masyarakat lakukan hanya untuk menghindari petugas.

“Untuk itu, saya minta tokoh agama agar ikut membantu pemerintah dan Satgas Covid-19 dalam hal percepatan vaksinasi dengan cara mensosialisasikan pentingnya pemberian vaksin supaya kita bisa memutus penyebaran Covid-19,” ujar Supraptono.

Gencar Melakukan Sosialisasi dan Edukasi

Supraptono menambahkan Polresta Jayapura Kota gencar melakukan sosialisasi, edukasi, dan penertiban agar warga masyarakat taat dan patuh terhadap protokol kesehatan. Ini juga salah satu upaya dalam memutus penyebaran Covid-19 di ibukota Provinsi Papua tersebut.

Baca Juga: Masalah Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pandemi Covid-19 belum berakhir meski tingkat penyebarannya sudah menurun.

“Tokoh agama harus menjadi teladan yang baik terutama dalam menyukseskan program vaksinasi untuk memutus penyebaran Covid-19,” ujar Tomi Mano.

Dikatakan Tomi Mano, kontribusi tokoh agama dalam menyukseskan program vaksinasi, yaitu memberikan edukasi tentang pentingnya vaksinasi dan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Mari bersama-sama melawan Covid-19 ini, supaya kita kembali ke kehidupan normal dan bebas beraktivitas tanpa merasa khawatir tertular Covid-19,” ujar Tomi Mano.