Mabes Polri membantah kabar soal tentara asing dari China yang telah tiba di bandara Indonesia.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komandan Satuan Intel Korps Brimob Polri Komisaris Besar Mulyadi merespon narasi sebuah video singkat yang viral di media sosial.

Mulyadi memastikan video yang menunjukkan adanya ratusan orang berseragam militer dengan latar belakang pesawat sebagai tentara China merupakan hoaks.

Menurutnya sosok yang ada dalam video tersebut merupakan pasukan Brimob yang baru saja dipulangkan dari Papua usai bertugas di Satgas Operasi Damai Cartenz.

“Pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua. Peristiwa itu Januari 2023,” jelasnya saat dikonfirmasi, Sabtu (4/2).

Sebelumnya, sebuah unggahan viral di sosial media memperlihatkan pasukan bersenjata lengkap berada di sebuah bandara di Indonesia. Dalam narasinya, para prajurit itu disebut sebagai tentara China.

Hal ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @Mencaricinta99. Meski saat ini videonya telah dihapus sejumlah netizen masih ada yang sempat mengabadikan cuitannya.

“*Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran…… Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? SiapĀ² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata2 Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!!* Mentri Pertahannya bahkan tidak merasakan bahaya ??” cuit akun Twitter @Mencaricinta99, dikutip Sabtu (4/2).

Hal-hal berbau asing terutama terkait Tiongkok menjadi perhatian publik saat ini dan narasinya terus dimainkan di media sosial. Selain isu soal tentara asing, hal yang kerap jadi sorotan warga adalah soal pekerja asing terutama asal Tiongkok.

Pemerintah berulang kali menegaskan bahwa tidak ada soal tentara asing masuk ke RI. Sementara untuk pekerja asing, pemerintah mengklaim jumlahnya masih sesuai ketentuan dan mereka bukan pekerja-pekerja kasar.