Polwan Polda Papua Barat Gelar Goes To School Dalam Rangka Peringati HUT Polwan ke-74
beritapapua.id - Polwan Goes To School ke SMA Yapis Manokwari dan Pesantren Hidayahtullah Manokwari. (Foto: Humas Polda PB)

Polwan Polda Papua Barat menggelar Goes To School ke SMA Yapis Manokwari dan Pesantren Hidayahtullah Manokwari, Senin (8/8/2022). Kegiatan ini berlangsung dalam rangka memperingati hari ulang tahun korps polisi wanita (Polwan) Republik Indonesia ke-74.

Kegiatan Polwan Goes To School ini terlaksana secara serentak di Polres jajaran di Papua Barat. Adanya kegiatan Goes To School ini juga bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang cerdas dan aman dalam bermedia sosial.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi, S.I.K.,M.H. menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Polwan Goes To School ini sebagai peringatan hari jadi Polwan ke-74.

“Sebagai generasi muda kita harus cerdas dan aman dalam bermedia sosial. Kaum muda harus bersikap bijak dalam memanfaatkan teknologi dan media sosial pada era transparansi global, oleh karenanya personil Polwan hadir untuk memberikan sosialisasi kepada generasi muda” ujar Kabid Humas.

Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak

Ia juga mengatakan adanya kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi kepada siswa/i di sekolah dalam menggunakan medsos dengan bijak. Terlebih agar para siswa/i ini bisa terhindar dari aksi penipuan yang ada di medsos.

Ia menegaskan bahwa siapapun dapat berpura-pura menjadi seseorang saat di dunia maya. Untuk itu, ia menginginkan agar para siswa/i tidak membuka link atau lampiran dari siapapun yang tidak dikenal.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kedua Untuk Nakes di Provinsi Papua Barat

Jangan kirim gambar diri yang disimpan secara pribadi kepada siapapun tidak peduli siapa mereka, matikan perangkat elektronik dan kamera saat tidak digunakan, pastikan aplikasi dan pengaturan privasi situs jejaring sosial diatur ke tingkat yang paling ketat.

Jika telah menjadi korban online segera beritahu seseorang, jangan pernah membuka aurat di depan kamera apapun alasannya, share lokasi ke ortu atau orang terdekat saat melakukan perjalanan melalui aplikasi online.

“Kita berharap kepada seluruh siswa agar satupun tidak ada yang menggunakan narkoba, lantaran itu melanggar hukum. Selain itu kami menghimbau agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial karena sudah ada UU ITE yang mengatur sanksi terhadap pelaku kejahatan dunia maya,” ungkap Kombes Adam.