PON 2020 Momentum Pembangunan Papua Menuju Indonesia Maju
beritapapua.id - PON 2020 Momentum Pembangunan Papua Menuju Indonesia Maju - Yatimul Ainun

PON 2020 Momentum Pembangunan Papua Menuju Indonesia Maju – Tahun 2020 ini warga Papua wajib berbahagia. Pasalnya di bumi cendrawasih ini akan diselenggarakan pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain menjadi ajang kompetisi olahraga yang dapat membuktikan talenta-talenta terbaik olah raga Papua, pelaksanaan PON di Papua ini juga dinilai mampu mendongkrak destinasi wisata dan roda perekonomian warga Papua. Sehingga menjadi momentum kebanggaan pembangunan untuk Papua.

Hal ini penting karena PON XX Tahun 2020 akan dihadiri sekitar 18.000 atlet dan ofisial. Tentunya dengan kehadiran ini dapat memicu transaksi dagang terhadap kerajinan tangan, pertanian, dan perkebunan serta produk keunggulan lokal lainnya dari Papua.

Seiring masih adanya bayang-bayang isu keamanan yang kerap terjadi sejumlah kontak senjata antara aparat keamanan dan kelompok kriminal bersenjata yang ingin menggangu kedamaian dan pembangunan bumi Cendrawasih, pihak TNI, Polri dan BIN telah menjamin dan menyatakan bahwa pelaksanaan PON XX si Papua akan berlangsung aman dan lancar.

Baca Juga: 77 Siswa di NTT Dipaksa Memakan Kotoran Oleh Seniornya

Sinergitas untuk Kesuksesan PON 2020

Guna mensukseskan perhelatan besar nasional ini diperlukan sinergitas antara Pemerintah pusat dan daerah bersama, TNI, Polri, BIN dan juga masyarakat. Agar suksesnya PON di Papua ini bukan hanya sekadar sukses pelaksanaan saja. Tapi juga sukses prestasi olahraga serta sukses sebagai jembatan penyeimbang antara wilayah barat dan timur. Sebagai sebuah kebanggaan bangsa dimata dunia. Serta bukti bahwa Pemerintah Indonesia sukses membangun Papua dan Papua Adalah Indonesia.

Koordinator Nasional yang juga pendiri Forum Pegiat Media Sosial Independen (FMPSI) Hafyz Marshal, menurutnya dalam mensukseskan PON Papua diperlukan keseriusan dan kesadaran besar dari seluruh instrumen bangsa. Termasuk peran Warganet untuk bersatu membangun optimisme mendukung dan mensukseskan pesta olahraga terbesar Tanah Air tersebut demi persatuan dan kemajuan bangsa.

Koordinator yang juga Ketua FPMSI, Rusdil Fikri menyatakan FPMSI akan menggelar kampanye literasi Warganet dengan memanfaatkan momentum Car Free Day (CFD) di Jogjakarta. Tidak hanya itu, berbagai aksi posting konten narasi positif kalangan Warganet di lini media publik juga dilakukan. Dengan hashtag: *#WarganetSukseskanPONPapua dan #PON2020KebanggaanBangsa*. Hal tersebut sebagai wujud kongkrit FPMSI dan kalangan Warganet dalam mensukseskan penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Papua.