PON XX Kian Dekat, Sub PB PON Kota Jayapura Gelar Gebyar Vaksinasi
beritapapua.id - Ketua Sub PB PON Kota Jayapura yang juga Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. (foto : jubi)

Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (Sub PB PON) Kota Jayapura melaksanakan Gebyar Vaksinasi kepada masyarakat umum. Hal ini juga sebagai bentuk dari bagian persiapan menyambut event PON XX Papua.

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura yang juga Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pihaknya sejauh ini sudah siap untuk menyambut PON XX. Tidah hanya itu, pihaknya juga tetap fokus terhadap pencegahan Covid-19 yang belum mereda saat PON XX terlaksana nanti.

Ia berharap vaksinasi dapat meminimalisasi dan mencegah penyebaran Covid-19 pada saat pelaksanaan PON XX di Tanah Papua. Dan terpenting tidak menimbulkan klaster baru khususnya di Kota Jayapura.

“Kami akan menggelar vaksinasi kepada seluruh masyarakat terutama yang tinggal di sekitaran venue dan juga bagi para penjual souvenir yang akan berdagang di sekitar venue tersebut. Pemerintah Kota Jayapura telah menggelar Gebyar Vaksinasi,” kata Tomi Mano kepada wartawan, Kamis (24/6/21) malam.

“Dan hari Sabtu nanti di Angkatan Laut dan Puskemas juga bersama Polda Papua kita akan melakukan Gebyar Vaksinasi supaya masyakarat bisa menonton langsung perhelatan PON XX di Kota Jayapura. Begitupula dengan para atlet dan ofisial mereka juga akan divaksin,” tambahnya.

Kasus Covid-19 di Jayapura Alami Penurunan

Ia menuturkan perkembangan akumulatif kasus Covid-19 di Kota Jayapura sejauh kian menurun. Namun tetap masih ada 2 kelurahan yang berada di zona merah. Kata dia, kasus yang sempat bertambah berapa waktu lalu dikarenakan arus mudik Idulfitri.

“Perkembangan akumulatif Covid-19 sudah semakin menurun, hanya ada 2 kelurahan yang ada di zona merah. Dan kami berharap masyarakat tetap disiplin dan menjaga prokes ketat. Harapan saya Agustus nanti tren penyebaran Covid-19 sudah menurun. Angka bertambah karena Idulfitri karena arus mudik dan sekarang bertambah. Pemkot Jayapura juga telah membuka kembali isolasi mandiri di LPMP Papua di Kotaraja,” bebernya.

Baca Juga : Info AFC Belum Jelas, Persipura Beri Izin Pemainnya Pulang Kerumah

Berdasarkan data penyebaran Covid-19 di Kota Jayapura per tanggal 23 Juni, angka kumulatif positif mencapai 9.302 kasus. Untuk yang sembuh mencapai 9.000, meninggal dunia sebanyak 168 orang dan yang masih menerima perawatan sebanyak 134 orang.

Sebelumnya, sejumlah atlet Papua yang akan berpartispasi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX telah menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Semua Pihak Yang Terlibat Dalam PON XX Menerima Vaksinasi

Tidak hanya atlet yang menerima vaksinasi tapi juga pelatih dan official dari masing-masing cabang olahraga yang masih menjalani pemusatan latihan (TC) di Jayapura.

Sementara itu, Koodinator tim medis KONI Papua, dr. Billy Haumasse menyebutkan bahwa Vaksinasi berjalan tertib dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat bagi para atlet, pelatih, maupun offcial. Untuk dapat lakukan vaksinasi para atlet dan pihak terkait harus lakukan tes kelayakan di antaranya screening terhadap kesehatan.

“Kita mulai vaksinasi tahap pertama buat atlet, pelatih, dan ofisial KONI Papua dan hari ini dimulai dengan pendaftaran screening dan persiapan fisik tubuh. Setelah layak terpenuhi baru mereka divaksin dan tentunya tim medis mengawal dengan prokes ketat,” ujarnya.

Tim medis KONI Papua juga telah bertolak ke luar daerah untuk melakukan vaksinasi kepada para atlet Papua yang menjalani try out maupun TC.

“Sudah ada tim medis yang berangkat untuk melakukan vaksinasi di luar daerah. Target bulan Juni ini vaksinasi tahap pertama selesai. Sebanyak 32 tenaga medis dibagi dalam 6 tim akan berangkat ke luar daerah, tim terdiri dari 2 sampai 3 orang,” pungkasnya.