PON XX Papua akan Berjalan Sesuai Rencana, Ini Progresnya
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali (foto : kemenpora.go.id)

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto, mengatakan PON XX akan berjalan sesuai rencana. Dengan demikian, kompetisi olahraga nasional itu akan bergulir pada 2 sampai 15 Oktober 2021.

“Hal ini sesuai dengan rapat kabinet terbatas bersama Presiden Jokowi pada 15 Maret lalu,” kata Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto, mengutip Kompas.com.

Beliau menyoroti perihal pemberian vaksin pada pihak terkait. Kemudian, ia optimis bahwa ia akan menuntaskan vaksinasi atlet PON XX Papua pada bulan Juli tahun 2021 atau Agustus paling lambat.

“Agustus paling lambat,” kata Gatot.

Kendati demikian, saat ini belum ada data entry by name. Pihaknya masih melakukan pendataan perihal peserta vaksinasi untuk atlet PON XX.

Selain vaksinasi, kesiapan infrastruktur pun berjalan dengan baik. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membenarkan hal tersebut. Cipta Iwan Suprijanto selaku Direktur Prasarana Stategis Direktorat Jenderal sejumlah venue sudah rampung.

“Untuk Inpres yang pertama, yakni Inpres 10 Tahun 2017. Seluruh penugasan infrakstruktur sudah selesai. Saat ini dalam proses post-audit dan persiapan untuk serah terima kepada pemerintah daerah,” jelas Iwan mengutip Antaranews.

“Venue tersebut antara lain Aquatic, Cricket, Hockey, dan Istora Papua Bangkit,” imbuhnya.

Seluruh venue yang ia sebutkan sudah selesai 100 persen. Namun, masih ada beberapa venue yang targetnya selesai pada bulan Juni mendatang.

“Target untuk penugasan dari Inpres No. 1 Tahun 2020 tersebut bulan Juni 2021. InsyaaAllah akan selesai semua,” ungkap Iwan.

Adapun venue tersebut adalah sepatu roda, panahan, dan dayung.

Polri Pastikan Keamanan PON XX Papua

Ihwal keamanan, Polri memastikan keadaan terkendali sehingga PON XX Papua dapat berjalan dengan baik. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono membenarkan hal tersebut.

Baca Juga : Apa Hukum Membangunkan Sahur dengan Pawai?

“PON tetap berjalan, itu sudah rencana segala macam itu tetap berjalan,” ungkap Brigjen Pol Rusdi, mengutip antaranews.com.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa situasi keamanan Papua telah terkendali. Terkait kelompok kekerasan bersenjata (KKB), Polda Papua dan Satgas Nemangkawi telah menanganinya.
“Ada TNI juga bersama-sama bagaimana Papua itu bisa kondusif,” jelas Rusdi.

Kemudian, ia menyebut bahwa TNI dan Polri sedang menyiapkan strategi pengamanan agar PON XX berjalan dengan aman.