PON XX Papua usulkan digelar pada Oktober 2021
beritapapua.id - PON XX Papua usulkan digelar pada Oktober 2021 - Tempo

PON XX Papua usulkan digelar pada Oktober 2021 – Setelah sebelumnya secara resmi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua yang seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November 2020 itu hingga Oktober tahun depan. Hal ini didasari karena adanya kekhawatiran seandainya pandemi COVID-19 tak kunjung reda menjelang ajang itu digelar, maka Keputusan ini diambil oleh pemerintah guna mencagah penyebaran pandemi virus corona.

Selanjutnya dalam keterangan tertulis, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dalam pernyataannya menerangkan Terkait mundurnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua menjadi 2021, KONI Pusat mengusulkan waktu penyelenggaraan PON XX pada 2-13 Oktober 2021. Waktu penyelenggaraan tersebut sudah mempertimbangkan kegiatan-kegiatan olahraga multi/single event internasional/nasional yang banyak pada tahun 2021, seperti Piala Dunia U-20 (Mei-Juni 2021), SEA Games Vietnam (November 2021), Olimpiade serta Paralimpiade Tokyo (Juli-Agustus 2021).

Usulan tanggal tersebut muncul setelah KONI Pusat menggelar rapat virtual bersama Pengurus KONI di daerah, pada Selasa 12 Mei 2020. Selain itu, KONI juga mengusulkan agar nama resmi atau nomenklatur untuk PON Papua diubah dari yang sebelumnya PON XX Tahun 2020 menjadi PON XX Tahun 2021.

Baca Juga: Persyaratan Surat Izin Keluar Masuk selama PSBB di Jakarta

Poin Lain dari Hasil Rapat

Hasil rapat juga membahas beberapa poin lainnya, seperti cabang olahraga dan nomor pertandingan, batasan usia atlet, entry by sport, dan entry by name. Pun hasil babak kualifikasi yang sudah dilaksanakan pada 2019 akan tetap menjadi acuan, meski penyelenggaraan PON diundur ke tahun depan. Sementara entry by name baru akan dibahas kemudian pada Februari tahun depan. Terkait jumlah cabang olahraga, nomor pertandingan, dan batasan usia, KONI Pusat menyatakan tidak akan melakukan perubahan. Selanjutnya, KONI Pusat bakal menggelar CdM meeting kedua pada November 2020 dan CdM Meeting ketiga berlangsung pada Juli 2021 untuk membahas perkembangan PON Papua.

Meski ditunda setahun, KONI Pusat tetap meminta agar seluruh persiapan venue dan akomodasi bisa selesai tahun ini. Termasuk didalamnya Mimika Sport Complex (MSC) yang dibangun PT. Freeport Indonesia di Timika menjadi salah satu arena olahraga untuk PON XX. Sebab pengerjaan venue yang ditargetkan kelar Juli tahun ini sempat terganggu, terkait adanya pemberlakuan pembatasan wilayah di Papua. Tak hanya itu, penundaan PON XX juga dilakukan agarĀ  pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi persiapan para atlet dan kontingen.