PON XX Resmi Ditutup Oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin
bneritapapua.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan sambutannya sekaligus menutup secara resmi perhelatan PON Papua di Stadion Lukas Enembe. (foto: Antara)

Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua resmi selesai dan ditutup oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin. Acara Penutupan tersebut berlangsung di Stadion Utama Lukas Enembe, kompleks olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/21) malam.

Wapres memuji habis-habisan kesuksesan Papua sebagai tuan rumah hajatan olahraga akbar di Indonesia itu.

“Papua, sa cinta ko, Papua buat saya jatuh hati. Akhirnya kita sampai pada puncak PON XX malam ini. Atas nama Presiden Jokowi serta segenap seluruh masyarakat Indonesia kami menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah Papua atas penyelenggaraan PON XX yang sukses. Sejarah mencatat PON pertama kali digelar di Tanah Papua dan berjalan dengan sukses,” kata Wapres.

Sukses Menyelenggarakan PON XX

Wapres mengatakan Pemerintah dan Warga Papua bukan hanya mampu menyelenggarakan PON XX, tapi bahkan berhasil menyelenggarakan dengan sempurna sesuai dengan jargon

“torang bisa” yang jelas nyata terbukti.

“Ini membuktikan bahwa Papua bukan saja sejajar dengan daerah lain, tapi justru unggul. Prestasi Papua juga melonjak dan menempati peringkat ke-4 dengan 93 emas, ini membuktikan bahwa Papua menjadi salah satu kekuatan olahraga di Indonesia. PON XX juga sebagai perekat persatuan Bangsa Indonesia. Semoga kesuksesan PON XX ini bisa dilanjutkan pada perhelatan iven Peparnas XVI pada November mendatang,” ujar Wapres.

Baca Juga: Tim Sepak Bola Papua Berhasil Kawinkan Medali Emas di PON XX

Sementara itu, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan rasa bahagia karena Papua telah sukses menggelar PON XX di Papua. Ia juga berterimasih kepada seluruh kontingen yang telah menjadi tamu dan bertanding pada PON XX.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada yang seluruh terlibat dan seluruh atlet yang sudah bertanding dengan jiwa sportif mulai dari pertama hingga selesainya pertandingan, baik yang mendapatkan medali emas, perak dan perunggu.

Saya mengucapkan selamat kepada provinsi Jawa Barat yang telah menjadi juara umum. Semoga itu bisa memotivasi dan menjadi cambuk kepada Provinsi lainnya untuk berprestasi,” kata Gubernur Enembe.

“Terima kasih kepada Presiden, Wakil Presiden dan seluruh menteri, ketua-ketua KONI di seluruh Indonesia. Hari ini kita telah membuktikan Papua bisa menjadi tuan rumah PON XX, torang bisa,” tutup Gubernur.