PON XX Tidak Ditunda Masyarakat Sekitar Venue Lakukan Vaksinasi
Wakil Gubernur Papua Barat, Klemen Tinal (foto : kawattimur.com)

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa perhelatan event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua tidak akan ada penundaan.

Presiden meminta fokus utama bagi pemerintah agar bisa berjalan dengan lancar dan aman. Hal itu dengan cara melakukan vaksinasi bagi para atlet dan official peserta PON XX Papua. Dan masyarakat sekitar venue PON XX juga akan melakukan vaksinasi.

Klemen Tinal Wakil Gubernur Papua menegaskan, warga yang bertempat di klaster penyelenggara pertandingan PON XX akan melakukan vaksinasi. Klaster penyelenggara pertandiangan PON XX yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke.

Wagub Klemen Tinal mengatakan melalui laman resmi PON 2020 Papua, bahwa sebelum event akbar 4 tahunan itu berlangsung, masyarakat yang berada di empat kabupaten/kota tersebut sudah harus mendapatkan vaksinasi.

Wagub Papua : Masyarakat Turut Terlibat Interaksi Untuk Dukung PON XX

Ia mengharapkan, masyarakat di Papua bisa juga turut terlibat interaksi untuk mendukung PON XX. Masyarakat dapat mendukung atau maupun ikut menjual aksesoris khas Papua atau yang lainnya.

Baca Juga : Persipura Jayapura Menggelar Pemusatan Latihan di Malang

Wagub juga mengatakan, selain warga, para atlet dan offcial maupun panitia pelaksana PON di Papua juga wajib mendapat vaksin. Menurutnya para pihak tersebut sudah harus menjalani vaksinasi sebelum terlibat dalam kegiatan Pertandingan PON XX Papua.

Sementara Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menyebut, vaksinasi Covid-19 tidak hanya untuk para atlet. Dalam menjelang perhelatan PON XX vaksinasi juga akan menyasar masyarakat yang tinggal sekitar lokasi perhelatan PON.

“Arahan Bapak Presiden, seluruh kontingen akan divaksin baik atlet, pelatih, ofisial, maupun tenaga pendukung. Bahkan Bapak Presiden mengarahkan masyarakat di sekitar venue itu harus divaksin untuk memastikan bahwa pada saat bulan Oktober nanti mereka sudah tervaksin semua,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali baru-baru ini.

Ia mengatakan, dengan melihat perjalanan kegiatan vaksinasi yang telah mulai sejak 13 Januari 2021 lalu, Menpora optimistis bahwa program vaksinasi bagi keikutsertaan dalam PON dan Peparnas tersebut akan berlangsung dengan lancar.

Terlebih hal itu demi meningkatkan aspek pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.

Bahkan pemerintah akan berkaca pada penyelenggaraan Olimpiade Tokyo yang akan mulai pada 23 Juli-08 Agustus 2021 mendatang. Karena sebelumnya juga mengalami penundaan.