Porserosi Kota Jayapura Berhasil Bawa Pulang 5 Medali dari Kejuaraan Bekasi Open
beritapapua.id - Porserosi Kota Jayapura di ajang nasional Bekasi Open. (Dok. Porserosi Kota Jayapura)

Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Porserosi) Kota Jayapura membawa dua klub binaannya mengikuti kejuaran sepatu roda tingkat Nasional di Bekasi, Jawa Barat. Pelaksanaan kejuaraan sepatu roda Nasional ini sudah mulai berlangsung pada tanggal 25-27 maret 2022.

Dua klub yang mengikut kejuaran sepatu tingkat Nasional adalah Jayapura Inline Skate (JIS) dan Cenderawasih Speed Skating (CSS).

Porserosi Kota Jayapura berhasil membawa pulang 5 medali yakni 2 emas pada nomor ITT 200 meter dan standart 100 meter. Selain itu, mereka juga berhasil meraih 2 perak pada nomor 10.000 M eleminasi dan ITT KUD 200 M. Dan 1 tambahan medali perunggu pada nomor standard 200 meter.

Ketua Porserosi Kota Jayapura Yonas Randan Bua mengapresiasi capain atlet dua klub tersebut.

Menurutnya atlet sepatu roda di Papua saat ini sudah sangat perkembangan, dengan banyaknya talenta-talenta muda yang berprestasi seperti di turnamen tersebut.

“Iya tentu dengan hasil yang dicapai yakni menyumbangkan 2 emas, 2 Perunggu dan 1 perak itu perlu diapresiasi dengan baik, sebagai wujud pengembangan talenta-talenta muda di Bumi Cenderawasih,” katanya.

Yonas juga menyampaikan bahwa keberangkatan mereka ke Bekasi atas swadaya orang tua atlet dan pengurus sepatu roda baik kota maupun provinsi.

“Kami berangkat ke Bekasi dengan bermodalkan swadaya dari orang tua atlet, pengurus klub, Porserosi Kota Jayapura dan Porserosi Provinsi,” ungkapnya.

Terus Mengikuti Kejuaraan di Luar Papua

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya mengikuti kejuaran sepatu roda yang ada di luar Papua. Hal ini sangat penting untuk pengembangan atlet-atlet yang ada di Papua.

“Kami akan terus berupaya mengikuti kejuaran-kejuaran sepatu roda di luar Papua demi pengembangan atlet-atlet untuk mempertahankan tradisi emas pada PON XX Papua menuju PON Aceh,” ungkapnya.

Baca Juga: Persitoli Tolikara Wakil Papua, Berhasil Pulang Membawa Piala Pertiwi 2021/2022

Ia juga berharap atleta-atlet yang nantinya berlaga di PON Aceh mendapat sepatu roda Papua tetap berjaya.

Pihaknya juga mengapresiasi atas 2 atlet asli Papua yang berangkat ke Bekasi Open yakni Benggurion Ramandey peraih medali perunggu dan Kesya Mathelda Gandy.

“Saat ini bibit muda asli papua sudah mulai bermunculan sehingga ini menjadi fokus kami dalam pembinaan atlet kedepannya. Semoga makin banyak lagi anak Asli Papua yang mencintai olahraga ini,” harapnya.