Povidone-Iodine Mampu Membunuh Covid-19 dalam 30 Detik
beritapapua.id - Povidone-Iodine Mampu Membunuh Covid-19 dalam 30 Detik - Kompas

Baru-baru ini, hasil penelitian dari Duke National University of Singapore membuktikan kandungan Povidone-Iodine (PVP-I) mampu membunuh Covid-19. Tingkat keberhasilan senyawa itu membasmi virus SARS CoV-2 penyebab COVID-19 mencapai 99,99 persen. Bahkan, ia mampu memberangus virus corona dalam waktu 30 detik.

Povidone-Iodine (PVP-I) merupakan senyawa antiseptik yang biasa digunakan untuk mencegah infeksi. Dunia medis kerap menggunakan senyawa tersebut sebagai scrub bedah; untuk pembersihan kulit sebelum dan sesudah operasi; untuk pengobatan dan pencegahan infeksi pada luka, borok dekubitus, luka, dan luka bakar; dalam ginekologi untuk vaginitis yang terkait dengan infeksi candidal, dan lain sebagainya.

Namun, senyawa PVP-I bukan untuk ditelan. Di Indonesia, zat tersebut dapat ditemukan di dalam obat kumur, salah satunya merek betadine. Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan Povidone Iodine (PVP-I) sejalan dengan pola hidup bersih. Penggunaan obat kumur digunakan untuk menjaga kebersihan diri, khususnya saluran pernapasan yang menjadi jalur masuk virus Sars-CoV-2.

Baca Juga: Di Tuding Berbohong Gelar Milyarder Kylie Jenner di Copot

PVP-1 Efektif Melawan Virus Corona

Klaim PVP-I efektif melawan virus corona juga disampaikan oleh Kirk-Bayley, ahli anestesi dari The Royal Surrey County Hospital, Inggris. Masyarakat dapat menggunakan obat yang mengandung senyawa PVP-I sebagai obat kumur dan semprot hidung.

”Selain alat pelindung diri, penggunaan PVP-I untuk tenaga kesehatan dan pasien dianjurkan untuk meminimalkan risiko penyebaran Covid-19 sebagai tambahan. PVP-I telah diketahui efektif dan aman sebagai obat kumur dan semprot hidung untuk mencegah penyebaran SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19 di dalam tubuh,” tuturnya di Jakarta, Senin (1/6/2020), dilansir dari health.grid.id.

Temuan ini lantas menjadi tambahan protokol kesehatan masyarakat. Dr. Ando Amadino sebagai dokter yang bertugas di Palembang sudah menjalankan protokol tersebut. Ia menggunakan cairan antiseptik betadine dan obat semprot hidung Iota-Carrageenan 3 kali sehari dan terbukti efektif.

“Pasien kemudian menjalani tambahan protokol kesehatan dengan berkumur menggunakan Cairan Antiseptik Betadine kumur (konsentrasi PVP-I 1 persen) selama 30 detik sebanyak 3 kali dalam sehari, serta menggunakan semprotan hidung dengan Iota-Carrageenan 3 kali sehari,” kata dr. Ando.