Prajurit TNI Akan Dapatkan Sanksi Berat Jika Kedapatan Melanggar HAM
beritapapua.id - Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa. (Foto: Istimewa)

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan bahwa dalam pertemuan bersama Komnas HAM RI, Makodam mengajak agar Komnas HAM melihat fakta yang terjadi di Papua.

Pangdam menjanjikan TNI dalam hal ini Makodam Cenderawasih akan bersikap terbuka untuk melihat berbagai masalah yang ada di Papua. Terlebih jika menyangkut keterlibatan prajurit TNI dalam melakukan pelanggaran HAM.

“Komnas HAM kita ajak bersama-sama untuk melihat riil di lapangan beberapa kejadian yang pernah terjadi di Papua. Apabila ada keterlibatan prajurit kami, atau terindikasi melakukan pelanggaran HAM, kami akan terbuka,” ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Ia pun memastikan jika dalam pengecekan terdapat fakta bahwa prajurit TNI melakukan pelanggaran yang melanggar HAM maka Makodam siap memberikan sanksi. Dan ia menegaskan bahwa prajurit yang kedapatan melanggaran HAM akan mendapatkan sanksi sesuai hukum yang berlaku.

“Ya, saya sampaikan mari sama-sama kita cek dan pasti ada sanksi hukum,” tegas Pangdam.

Ia menyebut bahwa prajurit yang melakukan pelanggaran HAM akan mendapatkan sanksi tegas demi memberi efek jera.

Sebelumnya, Pangdam Cenderawasih menerima kunjungan Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik bersama rombongan di Ruang Cycloop Makodam XVII/Cenderawasih, Senin (21/03/2022).

Membahas Perkembangan Situasi di Papua

Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E. dalam keterangannya, mengatakan bahwa kegiatan audiensi Pangdam XVII/Cenderawasih bersama Komnas HAM RI membahas perkembangan situasi wilayah di Papua.

“Ketua Komnas HAM RI Bapak Ahmad Taufan Damanik menyampaikan beberapa hal tentang perkembangan di Papua,” kata Wakapendam XVII/Cenderawasih.

Baca Juga: Kampung-kampung di Pemkot Jayapura Akan Dapatkan Anggaran Rp80 Miliar

Wakapendam Letkol Inf Candra, mengatakan bahwa Pangdam XVII/Cenderawasih merespon baik kedatangan Ketua Komnas HAM ke Makodam.

“Bapak Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Ketua Komnas HAM beserta rombongan untuk bersilaturahmi di Makodam XVII/Cenderawasih,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM RI Bapak Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan bahwa kedatangannya bersama rombongan untuk berdialog secara langsung dengan Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih terkait perkembangan situasi di Papua.

“Kedatangan kami disambut baik oleh Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih. Kami bersilaturahmi sekaligus berkoordinasi dengan Kodam tentang perkembangan situasi di wilayah Papua,” terang Ketua Komnas HAM.